PERHITUNGAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMUM
Nama Sekolah : Kelas/semester : IV (Empat) 1 (Satu)
Mata Pelajaran : Matematika Tahun Pelajaran : 2009/2010
STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR | KRITERIA PENENTUAN KKM | Hasil KKM dalam Aspek | KKM % | ||||
Kompleksitas | Daya Dukung | Intake Siswa | Pemahaman Konsep | Penerapan Konsep | Pemecahan Masalah | ||
BILANGAN 1. Memahami dan menggunakan sifat-sifat operasi hitung bilangan dalam pemecahan masalah | | | | | | | |
1.1. Mengidentifikasi sifat-sifat operasi hitung - Mengidentifikasi sifat sifat operasi hitung pada bilangan cacah | | | | | | | |
1.2. Mengurutkan bilangan - Mengurutkan dan menyusun 10 bilangan dari kecil atau sebaliknya - Menentukan nilai tempat bilangan dari terkecil atau sebaliknya - Membandingkan dua bilangan melalui pemecahan masalah yang melibatkan nilai tempat | | | | | | | |
1.3. Melakukan operasi perkalian dan pembagian - Menyebutkan secara lisan perkalian dan pembagian sampai 100 - Melakukan perkalian dengan cara bersusun - Melakukan pembagian bersusun tanpa sisa - Menenetukan hasil bagi dan sisa suatu pembagian | | | | | | | |
1.4. Melakukan operasi hitung campuran - Menggunakan sifat operasi hitung campuran untuk melakukan penghitungan secara efisien - Menentukan aturan operasi hitung campuran dan menggunakan dalam memecahkan masalah | | | | | | | |
1.5. Melakukan penaksiran dan pembulatan - Membulatkan hasil operasi hitung dalam puluhan atau ratusan terdekat - Menaksir hasil operasi hitung ke puluhan, ratusan atau ribuan terdekat | | | | | | | |
1.6. Memecahkan masalah yang melibatkan uang - Menaksir jumlah harga dari sekumpulan barang yang dijual sehari-hari - Menuliskan nilai mata uang dalam bentuk rupiah | | | | | | | |
RATA-RATA | | | | | | | |
RATA-RATA KESELURUHAN | | | | | | | |
Mengetahui, Kepala SD / MI ( ................................... ) | | ............................., ........... Guru Mapel Matematika. ( ................................... ) |
PERHITUNGAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMUM
Nama Sekolah : Kelas/semester : IV (Empat) 1 (Satu)
Mata Pelajaran : Matematika Tahun Pelajaran : 2009/2010
STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR | KRITERIA PENENTUAN KKM | Hasil KKM dalam Aspek | KKM % | ||||
Kompleksitas | Daya Dukung | Intake Siswa | Pemahaman Konsep | Penerapan Konsep | Pemecahan Masalah | ||
Bilangan 2. Memahami dan menggunakan faktor dan kelipatan dalam pemecahan masalah | | | | | | | |
2.1. Mendeskripsikan konsep faktor dan kelipatan - Menjelaskan arti faktor suatu bilangan - Menjelaskan arti kelipatan suatu bilangan | | | | | | | |
2.2. Menentukan kelipatan dan faktor suatu bilangan - Menentukan faktor-faktor - Menentukan kelipatan suatu bilangan | | | | | | | |
2.3. Menentukan kelipatan persekutuan terkecil (KPK) dan faktor persekutuan terbesar (FPB) - Menentukan kelipatan persekutuan dari dua bilangan - Menentukan KPK dari dua bilangan - Menentukan faktor persekutuan dari dua bilangan - Menentukan FPB dari dua bilangan | | | | | | | |
2.4. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan KPK dan FPB - Menentukan KPK dan FPB yang dihubungkan dengan kehidupan sehari-hari | | | | | | | |
2.5. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan KPK dan FPB - Menentukan KPK dan FPB yang dihubungkan dengan kehidupan sehari-hari | | | | | | | |
RATA-RATA | | | | | | | |
RATA-RATA KESELURUHAN | | | | | | | |
Mengetahui, Kepala SD / MI ( ................................... ) | | ............................., ........... Guru Mapel Matematika. ( ................................... ) |
PERHITUNGAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMUM
Nama Sekolah : Kelas/semester : IV (Empat) 1 (Satu)
Mata Pelajaran : Matematika Tahun Pelajaran : 2009/2010
STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR | KRITERIA PENENTUAN KKM | Hasil KKM dalam Aspek | KKM % | ||||
Kompleksitas | Daya Dukung | Intake Siswa | Pemahaman Konsep | Penerapan Konsep | Pemecahan Masalah | ||
Geometri dan Pengukuran 3. Menggunakan pengukuran sudut, panjang, dan berat dalam pemecahan masalah | | | | | | | |
3.1 Menentukan besar sudut dengan satuan tidak baku dan satuan derajat - Membandingkan besar dua sudut - Mengukur sudut dengan satuan tak baku dan satuan baku (derajat) - - Menentukan benda-benda sekitar dan beberapa bangun datar yang memiliki sudut siku-siku - Menentukan besar suatu sudut dengan menggunakan busur derajat | | | | | | | |
3.2 Menentukan hubungan antar satuan waktu, antar satuan panjang, dan antar satuan berat - Menjelaskan kesetaraan antar satuan waktu - Menentukan kesetaraan antar satuan panjang - Menentukan kesetaraan antar satuan berat | | | | | | | |
3.3 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan satuan waktu, panjang, dan berat - Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan satuan waktu - Menyelesaikan masalah-masalah yang berkaitan dengan satuan panjang - Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan satuan berat | | | | | | | |
3.4 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan satuan kuantitas - Melakukan operasi hitung yang berkaitan dengan ukuran lusin, kodi dan gross - Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan lusin, kodi, dan gros pada soal cerita | | | | | | | |
RATA-RATA | | | | | | | |
RATA-RATA KESELURUHAN | | | | | | | |
Mengetahui, Kepala SD / MI ( ................................... ) | | ............................., ........... Guru Mapel Matematika. ( ................................... ) |
PERHITUNGAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMUM
Nama Sekolah : Kelas/semester : IV (Empat) 1 (Satu)
Mata Pelajaran : Matematika Tahun Pelajaran : 2009/2010
STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR | KRITERIA PENENTUAN KKM | Hasil KKM dalam Aspek | KKM % | ||||
Kompleksitas | Daya Dukung | Intake Siswa | Pemahaman Konsep | Penerapan Konsep | Pemecahan Masalah | ||
Geometri dan Pengukuran 4. Menggunakan konsep keliling dan luas bangun datar sederhana dalam pemecahan masalah | | | | | | | |
4.1. Menentukan keliling dan luas jajaran genjang dan segitiga - Mengenal dan menentukan keliling dan luas jajaran genjang - Mengenal dan menentukan keliling dan luas segitiga | | | | | | | |
4.2. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan keliling dan luas jajaran genjang dan segitiga - Menentukan keliling dan luas jajaran genjang yang berkaitan dengan soal cerita - Menentukan keliling dan luas segitiga pada soal cerita | | | | | | | |
RATA-RATA | | | | | | | |
RATA-RATA KESELURUHAN | | | | | | | |
Mengetahui, Kepala SD / MI ( ................................... ) | | ............................., ........... Guru Mapel Matematika. ( ................................... ) |
PERHITUNGAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMUM
Nama Sekolah : Kelas/semester : IV (Empat) 2 (Dua)
Mata Pelajaran : Matematika Tahun Pelajaran : 2009/2010
STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR | KRITERIA PENENTUAN KKM | Hasil KKM dalam Aspek | KKM % | ||||
Kompleksitas | Daya Dukung | Intake Siswa | Pemahaman Konsep | Penerapan Konsep | Pemecahan Masalah | ||
BILANGAN 5. Menjumlahkan dan mengurangkan bilangan bulat | | | | | | | |
5.1. Mengurutkan bilangan bulat - Siswa dapat mengurutkan bilangan dari yang terkecil dan sebaliknya | | | | | | | |
5.2. Menjumlahkan bilangan bulat - Siswa dapat mejumlahkan bilangan bulat tiga angka kurang dari 5000 | | | | | | | |
5.3. Mengurangkan bilangan bulat - Siswa dapat mengurangkan tiga bilangan bulat kurang 10.000 | | | | | | | |
5.4. Melakukan operasi hitung campuran - Siswa dapat menjawab operasi hitung campuran penjumlahan dan perkalian - Siswa dapat menjawab operasi hitung perkalian dan pengurangan - Siswa dapat menjawab operasi hitung perkalian dan pembagian | | | | | | | |
RATA-RATA | | | | | | | |
RATA-RATA KESELURUHAN | | | | | | | |
Mengetahui, Kepala SD / MI ( ................................... ) | | ............................., ........... Guru Mapel Matematika. ( ................................... ) |
PERHITUNGAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMUM
Nama Sekolah : Kelas/semester : IV (Empat) 2 (Dua)
Mata Pelajaran : Matematika Tahun Pelajaran : 2009/2010
STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR | KRITERIA PENENTUAN KKM | Hasil KKM dalam Aspek | KKM % | ||||
Kompleksitas | Daya Dukung | Intake Siswa | Pemahaman Konsep | Penerapan Konsep | Pemecahan Masalah | ||
6. Menggunakan pecahan dalam pemecahan masalah | | | | | | | |
6.1. Menjelaskan arti pecahan dan urutannya - Siswa dapat menjelaskan arti pecahan dan urutannya dari terkecil | | | | | | | |
6.2. Menyederhanakan berbagai bentuk pecahan - Siswa dapat menyeder-hanakan bentuk pecahan biasa - Siswa dapat menyederhanakan bentuk pecahan biasa ke desimal | | | | | | | |
6.3. Menjumlahkan pecahan - Siswa dapat menjumlahkan bilangan pecahan biasa berpenyebut sama - Siswa dapat menjumlahkan bilangan pecahan biasa berpenyebut tidak sama - Siswa dapat menjumlahkan dua bilangan pecahan desimal | | | | | | | |
6.4. Mengurangkan pecahan - Siswa dapat mengurangkan dua bilangan pecahan biasa berpenyebut sama - Siswa dapat mengurangkan bilangan pecahan desmal bernilai per 100 | | | | | | | |
6.5. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan pecahan - Siswa dapat menyelesaikan penjumlahan dan pengurangan melalui soal cerita - Siswa dapat mengulang dalam cerita meng-gunakan pengurangan pecahan dan perumpamaan teman sendiri | | | | | | | |
RATA-RATA | | | | | | | |
RATA-RATA KESELURUHAN | | | | | | | |
Mengetahui, Kepala SD / MI ( ................................... ) | | ............................., ........... Guru Mapel Matematika. ( ................................... ) |
PERHITUNGAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMUM
Nama Sekolah: Kelas/semester : IV (Empat) 2 (Dua)
Mata Pelajaran : Matematika Tahun Pelajaran : 2009/2010
STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR | KRITERIA PENENTUAN KKM | Hasil KKM dalam Aspek | KKM % | ||||
Kompleksitas | Daya Dukung | Intake Siswa | Pemahaman Konsep | Penerapan Konsep | Pemecahan Masalah | ||
7. Menggunakan lambang bilangan Romawi | | | | | | | |
7.1. Mengenal lambang bilangan Romawi - Siswa dapat menyebutkan lambang bilangan Romawi dan cara menuliskannya - Siswa dapat menggunakan bilangan Romawi dalam kehidupan sehari-hari | | | | | | | |
7.2. Menyatakan bilangan cacah sebagai bilangan Romawi dan sebaliknya - siswa dapat mengganti dan menuliskan bilangan cacah menjadi Romawi kurang dari 100 - Siswa dapat mengganti dan menuliskan bilangan Romawi menjadi bilangan cacah kurang dari 100 | | | | | | | |
RATA-RATA | | | | | | | |
RATA-RATA KESELURUHAN | | | | | | | |
Mengetahui, Kepala SD / MI ( ................................... ) | | ............................., ........... Guru Mapel Matematika. ( ................................... ) |
PERHITUNGAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMUM
Nama Sekolah : Kelas/semester : IV (Empat) 2 (Dua)
Mata Pelajaran : Matematika Tahun Pelajaran : 2009/2010
STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR | KRITERIA PENENTUAN KKM | Hasil KKM dalam Aspek | KKM % | ||||
Kompleksitas | Daya Dukung | Intake Siswa | Pemahaman Konsep | Penerapan Konsep | Pemecahan Masalah | ||
8. Memahami sifat bangun ruang seserhana dan hubungan antarbangun datar | | | | | | | |
8.1. Menentukan sifat-sifat bangun ruang sederhana - Siswa dapat mengelompok-kan bangun datar yang simetris dan tidak simetris - Siswa dapat mengidentifikasi ciri bangun datar yang simetris - Menggambar bangun datar yang simetris - Siswa dapat menyebutkan bangun datar yang tidak simetris - Mengidentifikasi dan menggunakan garis simetri pada bangun datar sederhana - Menentukan sumbu simetri suatu bangun datar | | | | | | | |
8.2. Menentukan jaring-jaring balok dan kubus - Siswa dapat menggambar balok dan kubus - Siswa dapat membedakan sisi-sisi bangun kubus dan balok | | | | | | | |
8.3. Mengidentifikasi benda-benda dan bangun datar simetris - Siswa dapat mengidentifikasi benda-benda yang mempunyai bentuk simetri | | | | | | | |
8.4. Menentukan hasil pencerminan suatu bangun datar - Siswa dapat menggambar bangun persegi dan menentukan cerminan bangun datar sederhana | | | | | | | |
RATA-RATA | | | | | | | |
RATA-RATA KESELURUHAN | | | | | | | |
Mengetahui, Kepala SD / MI ( ................................... ) | | ............................., ........... Guru Mapel Matematika. ( ................................... ) |
PERHITUNGAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMUM
Nama Sekolah : Kelas/semester : V (Lima) 1 (Satu)
Mata Pelajaran : Matematika Tahun Pelajaran : 2009/2010
STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR | KRITERIA PENENTUAN KKM | Hasil KKM dalam Aspek | KKM % | ||||
Kompleksitas | Daya Dukung | Intake Siswa | Pemahaman Konsep | Penerapan Konsep | Pemecahan Masalah | ||
BILANGAN 1. Melakukan operasi hitung bilangan bulat dalam pemecahan masalah | | | | | | | |
1.1 Melakukan operasi hitung bilangan bulat, termasuk penggunaan sifat-sifatnya, pembulatan dan penaksiran - Menggunakan sifat komutatif (pertukaran), asosiatif (pengelompokan), dan distributive (penyebaran) untuk melakukan operasi bilangan bulat - Membulatkan hasil operasi hitung ke puluhan, dan ratusan terdekat - Menaksir hasil operasi hitung dua bilangan | | | | | | | |
1.2 Menggunakan faktor prima untuk menentukan KPK dan FPB - Menentukan KPK dan FPB dengan menggunakan faktor prima dan faktorisasi prima - Memecahkan masalah sehari-hari dengan menggunakan KPK dan FPB | | | | | | | |
1.3 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan operasi hitung, KPK, dan FPB - Menyederhanakan pecahan biasa dengan menggunakan FPB - Menjumlahkan dua pecahan biasa yang penyebutnya tidak sama dengan menggunakan KPK - Menumlahkan dua pecahan campuran yang penyebutnya tidak sama dengan menggunakan KPK - Mengurangkan dua pecahan biasa yang penyebutnya tidak sama dengan menggunakan KPK - Mengurangkan dua pecahan campuran yang penyebutnya tidak sama dengan menggunakan KPK | | | | | | | |
1.4 Melakukan operasi hitung campuran bilangan bulat - Membaca dan menulis bilangan bulat dalam kata-kata dan angka - Melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan bilat - Melakukan operasi perkalian bilangan bulat - Melakukan operasi pembagian bilangan bulat - Melakukan operasi hitung campuran bilangan bulat - Memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan bilangan bulat | | | | | | | |
RATA-RATA | | | | | | | |
RATA-RATA KESELURUHAN | | | | | | | |
Mengetahui, Kepala SD / MI ( ................................... ) | | ............................., ........... Guru Mapel Matematika. ( ................................... ) |
PERHITUNGAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMUM
Nama Sekolah : Kelas/semester : V (Lima) 1 (Satu)
Mata Pelajaran : Matematika Tahun Pelajaran : 2009/2010
STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR | KRITERIA PENENTUAN KKM | Hasil KKM dalam Aspek | KKM % | ||||
Kompleksitas | Daya Dukung | Intake Siswa | Pemahaman Konsep | Penerapan Konsep | Pemecahan Masalah | ||
GEOMETRI DAN PENGUKURAN 2. Menggunakan pengukuran waktu, sudut, jarak, dan kecepatan dalam pemecahan masalah | | | | | | | |
2.1 Menulis tanda waktu dengan menggunakan notasi 24 jam - Menggunakan tanda waktu dengan notasi 12 Jam (melibatkan keterangan pagi, sore atau malam) - Menenetukan tanda waktu dengan rotasi 24 jam | | | | | | | |
2.2 Melakukan operasi hitung satuan waktu - Melakukan operasi hitung satuan waktu - Melakukan operasi hitung yang melibatkan satuan waktu | | | | | | | |
2.3 Melakukan pengukuran sudut - Menentukan dan menaksir besar suatu sudut | | | | | | | |
2.4 Mengenal satuan jarak dan kecepatan - Menunjukkan hubungan antara satuan jarak, waktu dan | | | | | | | |
2.5 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan waktu, jarak dan kecepatan - Menenetukan lama yang digunakan untuk menempuh jarak tertentu, jika diketahui kecapatan rata-rata kecepatan - Menentukan jarak yang ditempuh jika diketahui lama perjalanan rata-rata | | | | | | | |
RATA-RATA | | | | | | | |
RATA-RATA KESELURUHAN | | | | | | | |
Mengetahui, Kepala SD / MI ( ................................... ) | | ............................., ........... Guru Mapel Matematika. ( ................................... ) |
PERHITUNGAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMUM
Nama Sekolah : Kelas/semester : V (Lima) 1 (Satu)
Mata Pelajaran : Matematika Tahun Pelajaran : 2009/2010
STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR | KRITERIA PENENTUAN KKM | Hasil KKM dalam Aspek | KKM % | ||||
Kompleksitas | Daya Dukung | Intake Siswa | Pemahaman Konsep | Penerapan Konsep | Pemecahan Masalah | ||
Geometri dan Pengukuran 3. Menghitung luas bangun datar sederhana dan menggunakan-nya dalam pemecahan masalah. | | | | | | | |
3.1. .Menghitung luas trapesium dan layang-layang - Menentukan luas trapezium | | | | | | | |
3.2. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan luas bangun datar - Menyelesaikan soal cerita yang berhubungan dengan luas lingkaran - Menyelesaikan soal cerita yang berhubungan dengan keliling lingkaran - Menyelesaikan soal cerita yang berhubungan dengan luas jajaran genjang - Menyelesaikan soal cerita sederhana yang berhubungan dengan luas jajaran genjang | | | | | | | |
RATA-RATA | | | | | | | |
RATA-RATA KESELURUHAN | | | | | | | |
Mengetahui, Kepala SD / MI ( ................................... ) | | ............................., ........... Guru Mapel Matematika. ( ................................... ) |
PERHITUNGAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMUM
Nama Sekolah : Kelas/semester : V (Lima) 1 (Satu)
Mata Pelajaran : Matematika Tahun Pelajaran : 2009/2010
STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR | KRITERIA PENENTUAN KKM | Hasil KKM dalam Aspek | KKM % | ||||
Kompleksitas | Daya Dukung | Intake Siswa | Pemahaman Konsep | Penerapan Konsep | Pemecahan Masalah | ||
Geometri dan Pengukuran 4. Menghitung volume kubus dan balok dan menggunakan-nya dalam pemecahan masalah | | | | | | | |
4.1 Menghitung volume kubus dan balok - Menentukan volume kubus - Menetnukan volume balok | | | | | | | |
4.2 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan volumen kubus dan balok - Menyelesaikan soal cerita yang berhubungan dengan volume kubus - Menentukan simetri lipat suatu bangun datar - Menentukan jumlah / banyak tingkat simetri putar suatu bangun datar | | | | | | | |
RATA-RATA | | | | | | | |
RATA-RATA KESELURUHAN | | | | | | | |
Mengetahui, Kepala SD / MI ( ................................... ) | | ............................., ........... Guru Mapel Matematika. ( ................................... ) |
PERHITUNGAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMUM
Nama Sekolah : Kelas/semester : V (Lima) 2 (Dua)
Mata Pelajaran : Matematika Tahun Pelajaran : 2009/2010
STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR | KRITERIA PENENTUAN KKM | Hasil KKM dalam Aspek | KKM % | ||||
Kompleksitas | Daya Dukung | Intake Siswa | Pemahaman Konsep | Penerapan Konsep | Pemecahan Masalah | ||
BILANGAN
| | | | | | | |
4.3 Mengubah pecahan ke bentuk persen dan ecimal serta sebaliknya - Mengubah bentuk pecahan biasa ke bentuk persen dan sebaliknya - Mengubah persen ke pecahan decimal | | | | | | | |
4.4 Menjumlah dan mengurangkan berbagai bentuk pecahan - Menentukan hasil penjumlahan dan pengurangan pecahan | | | | | | | |
4.5 Mengalikan dan membagi berbagai bentuk pecahan - Menentukan hasil perkalian berbagai bentuk pecahan - Menentukan hasil pembagian berbagai bentuk pecahan | | | | | | | |
4.6 Menggunakan pecahan dalam masalah per-bandingan dan skala - Menjelaskan arti skala | | | | | | | |
RATA-RATA | | | | | | | |
RATA-RATA KESELURUHAN | | | | | | | |
Mengetahui, Kepala SD / MI ( ................................... ) | | ............................., ........... Guru Mapel Matematika. ( ................................... ) |
PERHITUNGAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMUM
Nama Sekolah : Kelas/semester : V (Lima) 2 (Dua)
Mata Pelajaran : Matematika Tahun Pelajaran : 2009/2010
STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR | KRITERIA PENENTUAN KKM | Hasil KKM dalam Aspek | KKM % | ||||
Kompleksitas | Daya Dukung | Intake Siswa | Pemahaman Konsep | Penerapan Konsep | Pemecahan Masalah | ||
GEOMETRI DAN PENGUKURAN
| | | | | | | |
6.1. Mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar - Mengidentifikasi sifat-sifat bangun persegi - Mengidentifikasi sifat-sifat bangun persegi panjang - Mengidentifikasi sifat-sifat bangun jajaran genjang - mengidentifikasi sifat-sifat bangun segi tiga | | | | | | | |
6.2. Mengidentifikasi sifat-sifat bangun ruang - Mengidentifikasi sifat-sifat bangun kubus - Mengidentifikasi sifat-sifat bangun balok - Mengidentifikasi sifat-sifat bangun tabung - Mengidentifikasi sifat-sifat bangun limas | | | | | | | |
6.3. Menentukan jaring-jaring berbagai bagun ruang sederhana - Menentukan Jaring-Jaring Kubus - Menentukan jaring-jaring balok - Menentukan jaring-jaring tabung - Menentukan jaring-jaring luas segi empat | | | | | | | |
6.4. Menyelidiki sifat-sifat kesebangunan dan simetri - Menunjukkan kesebangunan - Menyelesaikan soal cerita yang berhubungan dengan volume balok | | | | | | | |
6.5. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan bangun datar dan bangun ruang sederhana - Menyelesaikan soal cerita yang berhubungan dengan bangun datar - Menyelesaikan soal cerita yang berhubungan dengan bangun ruang | | | | | | | |
RATA-RATA | | | | | | | |
RATA-RATA KESELURUHAN | | | | | | | |
Mengetahui, Kepala SD / MI ( ................................... ) | | ............................., ........... Guru Mapel Matematika. ( ................................... ) |
PERHITUNGAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMUM
Nama Sekolah : Kelas/semester : VI (Enam) 1 (Satu)
Mata Pelajaran : Matematika Tahun Pelajaran : 2009/2010
STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR | KRITERIA PENENTUAN KKM | Hasil KKM dalam Aspek | KKM % | ||||
Kompleksitas | Daya Dukung | Intake Siswa | Pemahaman Konsep | Penerapan Konsep | Pemecahan Masalah | ||
BILANGAN 5. Melakukan operasi hitung bilangan bulat dalam pemecahan masalah | | | | | | | |
5.1 Menggunakan sifat-sifat operasi hitung termasuk operasi campuran, FPB, dan KPK - Melakukan operasi hitung campuran bilangan bulat - Menggunakan faktorisasi prima untuk menentukan FPB dari dua bilangan atau lebih - Menggunakan faktorisasi prima untuk menentukan KPK dua bilangan atau lebih - Memecahkan soal cerita yang berkaitan dengan sifat-sifat operasi hitung | | | | | | | |
5.2 Menentukan akar pangkat tiga suatu bilangan kubik. - Menguraikan arti dari bilangan pangkat tiga - Menentukan hasil akar pangkat tiga suatu bilangan kubik - Membedakan bilangan kubik dengan bukan bilangan kubik | | | | | | | |
5.3 Menyelesaikan masalah yang melibatkan operasi hitung termasuk penggunaan akar dan pangkat. - Menentukan luas permukaan bangun datar persegi - Menghitung volume bangun ruang kubus - Mengerjakan dengan teliti soal cerita yang berhubungan dengan akar dan pangkat | | | | | | | |
RATA-RATA | | | | | | | |
RATA-RATA KESELURUHAN | | | | | | | |
Mengetahui, Kepala SD / MI ( ................................... ) | | ............................., ........... Guru Mapel Matematika. ( ................................... ) |
PERHITUNGAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMUM
Nama Sekolah : Kelas/semester : VI (Enam) 1 (Satu)
Mata Pelajaran : Matematika Tahun Pelajaran : 2009/2010
STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR | KRITERIA PENENTUAN KKM | Hasil KKM dalam Aspek | KKM % | ||||
Kompleksitas | Daya Dukung | Intake Siswa | Pemahaman Konsep | Penerapan Konsep | Pemecahan Masalah | ||
GEOMETRI DAN PENGUKURAN 6. Menggunakan pengukuran volume per waktu dalam pemecahan masalah. | | | | | | | |
2.1. Mengenal satuan debit. - Menentukan hubungan antar satuan waktu volume dan debit - Melakukan operasi hitung yang melibatkan satuan pengukuran - Menghitung volume air yang tertampung dalam waktu tertentu | | | | | | | |
2.2. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan satuan debit - Menghitung debit air dalam waktu yang ditentukan - Mengubah satuan debit dari m3/detik menjadi cm3/detik atau sebaliknya - Mengerjakan dengan teliti soal cerita yang berkaitan dengan debit dalam kehidupan sehari-hari | | | | | | | |
RATA-RATA | | | | | | | |
RATA-RATA KESELURUHAN | | | | | | | |
Mengetahui, Kepala SD / MI ( ................................... ) | | ............................., ........... Guru Mapel Matematika. ( ................................... ) |
PERHITUNGAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMUM
Nama Sekolah : Kelas/semester : VI (Enam) 1 (Satu)
Mata Pelajaran : Matematika Tahun Pelajaran : 2009/2010
STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR | KRITERIA PENENTUAN KKM | Hasil KKM dalam Aspek | KKM % | ||||
Kompleksitas | Daya Dukung | Intake Siswa | Pemahaman Konsep | Penerapan Konsep | Pemecahan Masalah | ||
Geometri dan Pengukuran 3. Menghitung luas segibanyak sederhana, luas lingkaran, dan volume prisma segitiga. | | | | | | | |
3.1. Menghitung luas segi banyak yang merupakan gabungan dari dua bangun datar sederhana - Menggunakan rumus untuk menghitung luas berbagai bangun datar - Mencari isi persegi yang luasnya sama dengan luas persegi panjang - Menghitung luas bangun gabungan persegi dan segi tiga | | | | | | | |
3.2. Menghitung luas lingkaran. - Mempergunakan rumus untuk mencari luas lingkaran - Menentukan panjang jari-jari jika diketahui luas lingkaran-nya - Membandingkan luas dua buah lingkaran | | | | | | | |
3.3. Menghitung volume prisma segitiga dan tabung. - Menggunakan rumus untuk mencari volume prisma segitiga - Menghitung volume tabung jika diketahui luas dan tingginya - Menghitung volume tabung lingkaran jika diketahui panjang dan diameternya | | | | | | | |
RATA-RATA | | | | | | | |
RATA-RATA KESELURUHAN | | | | | | | |
Mengetahui, Kepala SD / MI ( ................................... ) | | ............................., ........... Guru Mapel Matematika. ( ................................... ) |
PERHITUNGAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMUM
Nama Sekolah : Kelas/semester : VI (Enam) 1 (Satu)
Mata Pelajaran : Matematika Tahun Pelajaran : 2009/2010
STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR | KRITERIA PENENTUAN KKM | Hasil KKM dalam Aspek | KKM % | ||||
Kompleksitas | Daya Dukung | Intake Siswa | Pemahaman Konsep | Penerapan Konsep | Pemecahan Masalah | ||
PENGOLAHAN DATA 4. Mengumpulkan dan pengelolaan data | | | | | | | |
4.1. Mengumpulkan dan membaca data. - Mengumpulkan data dengan pencatatan langsung pada lembar isian - Mengurutkan data mulai dari yang terkecil ke besar atau sebaliknya - Membaca data yang telah disusun | | | | | | | |
4.2. Mengolah dan menyajikan data dalam bentuk tabel. - Menenetukan frekuensi, modus, median rata-rata dan jumlah - Menyajikan data dalam bentuk tabel - Mengubah tabel menjadi diagram garis, batang dan lingkaran | | | | | | | |
4.3. Menafsirkan sajian data - Menghitung jumlah populasi yang ditampilkan oleh sebuah diagram - Menentukan selisih sebuah data dengan data-data yang lain - Menafsirkan prosentase suatu data yang ditampilkan oleh sebuah diagram - Mengubah diagram menjadi diagram yang lainnya - Mengubah diagram data dari bentuk diagram batang dan garis menjadi bentuk sajian diagram lingkaran atau sebaliknya | | | | | | | |
RATA-RATA | | | | | | | |
RATA-RATA KESELURUHAN | | | | | | | |
Mengetahui, Kepala SD / MI ( ................................... ) | | ............................., ........... Guru Mapel Matematika. ( ................................... ) |
PERHITUNGAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMUM
Nama Sekolah : Kelas/semester : VI (Enam) 2 (Dua)
Mata Pelajaran : Matematika Tahun Pelajaran : 2009/2010
STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR | KRITERIA PENENTUAN KKM | Hasil KKM dalam Aspek | KKM % | ||||
Kompleksitas | Daya Dukung | Intake Siswa | Pemahaman Konsep | Penerapan Konsep | Pemecahan Masalah | ||
BILANGAN 5. Melakukan operasi hitung pecahan dalam pemecahan masalah | | | | | | | |
4.4. Menyederhanakan dan mengurutkan pecahan. - Menggunakan FPB untuk menyeder-hanakan pecahan - Menggunakan KPK untuk menyamakan penyebut - Mengurutkan pembilang dari yang terkecil ke yang terbesar | | | | | | | |
4.5. Mengubah bentuk pecahan ke bentuk desimal. - Mengubah pecahan biasa menjadi pecahan desimal atau sebaliknya - Mengubah pecahan desimal menjadi persen atau sebaliknya - Melakukan pembulatan pecahan decimal | | | | | | | |
4.6. Membentuk nilai pecahan dari suatu bilangan atau kuantitas tertentu. - Menentukan nilai pecahan yang merupakan perbandingan sebuah bilangan dengan bilangan lain - Memecahkan soal-soal yang berkaitan dengan perbandingan | | | | | | | |
4.7. Melakukan operasi hitung yang melibatkan berbagai bentuk pecahan. - Menentukan hasil penjumlahan / pengurangan / perkalian / pembagian berbagai benetuk pecahan - Melakukan pembulatan pecahan decimal s.d dua/tiga angka di belakang koma - Menggunakan perbandingan yang berkaitan dengan satuan ukuran suhu | | | | | | | |
4.8. Memecahkan masalah per-bandingan dan skala. - Melakukan operasi hitung dengan menggunakan perbandingan - Memecahakan masalah sederhana yang melibatkan perbandingan dan skala | | | | | | | |
RATA-RATA | | | | | | | |
RATA-RATA KESELURUHAN | | | | | | | |
Mengetahui, Kepala SD / MI ( ................................... ) | | ............................., ........... Guru Mapel Matematika. ( ................................... ) |
PERHITUNGAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMUM
Nama Sekolah : Kelas/semester : VI (Enam) 2 (Dua)
Mata Pelajaran : Matematika Tahun Pelajaran : 2009/2010
STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR | KRITERIA PENENTUAN KKM | Hasil KKM dalam Aspek | KKM % | ||||
Kompleksitas | Daya Dukung | Intake Siswa | Pemahaman Konsep | Penerapan Konsep | Pemecahan Masalah | ||
GEOMETRI DAN PENGUKURAN 6. Menggunakan sistem koordinat dalam pemecahan masalah | | | | | | | |
6.1 Membuat denah letak benda. - Menggambar letak benda atau rumah disekitar - Menentukan letak benda atau tempat dari denah atau peta yang disajikan | | | | | | | |
6.2 Mengenal koordinat posisi sebuah benda - Menentukan letak titik-titik pada sistem koordinat - Membedakan wilayah positif dengan wilayah-wilayah lain pada bidang koordinat cartesius | | | | | | | |
6.3 Menentukan posisi titik dalam sistem koordinat Cartesius. - Menulis koordinat (pasangan X,Y) yang terdapat pada bidang koordinat cartesius - Menentukan letak sebuah atau beberapa koordinat pada bidang koordinat cartesius - Menghubungkan beberapa koordinat pada posisi yang berbeda untuk membentuk sebuah bangun datar | | | | | | | |
RATA-RATA | | | | | | | |
RATA-RATA KESELURUHAN | | | | | | | |
Mengetahui, Kepala SD / MI ( ................................... ) | | ............................., ........... Guru Mapel Matematika. ( ................................... ) |
PERHITUNGAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMUM
Nama Sekolah : Kelas/semester : VI (Enam) 2 (Dua)
Mata Pelajaran : Matematika Tahun Pelajaran : 2009/2010
STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR | KRITERIA PENENTUAN KKM | Hasil KKM dalam Aspek | KKM % | ||||
Kompleksitas | Daya Dukung | Intake Siswa | Pemahaman Konsep | Penerapan Konsep | Pemecahan Masalah | ||
PENGOLAHAN DATA
| | | | | | | |
7.1. Menyajikan data ke bentuk tabel dan diagram gambar, batang, dan lingkaran. - Mengurutkan data mulai dari data terkecil sampai dengan data yang terbesar - Membuat tabel - Menyajikan data dalam bentuk diagram gambar/ garis/ batang / lingkaran | | | | | | | |
7.2. Menentukan rata-rata hitung (mean), modus, dan median dari sekumpulan data. - Menghitung nilai rata-rata sekumpulan data - Menentukan modus dari sekumpulan data | | | | | | | |
7.3. Mengurutkan data, termasuk menentukan nilai tertinggi dan terendah. - Menentukan nilai tertinggi - Menentukan nilai terendah | | | | | | | |
7.4. Menafsirkan hasil pengolahan data. - Mengetahui luas suatu lahan yang disajikan dengan diagram lingkaran - Menghitung banyak populasi yang tersaji pada diagram batang atau lainnya - Memperkirakan prosentase kenaikan atau penurunan keadaan sesuatu | | | | | | | |
RATA-RATA | | | | | | | |
RATA-RATA KESELURUHAN | | | | | | | |
Mengetahui, Kepala SD / MI ( ................................... ) | | ............................., ........... Guru Mapel Matematika. ( ................................... ) |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar