Laman

Kamis, 07 April 2011

RPP Bahasa Inggris Kelas 1

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

SD                               : _____________________
Mata Pelajaran          : Bahasa Inggris
Kelas/Semester           : I/1
Pertemuan/Unit         : 1 – 3/1
Materi Ajar                : Greeting
Alokasi Waktu           : 3 Pertemuan (3 x 35 menit)
Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD):
1.      Listening
  • SK: Siswa mampu melakukan kegiatan atau tindakan sesuai dengan instruksi yang didengar.
  • KD: Siswa mampu menyimak dan memahami ucapan seseorang dalam konteks sapaan sederhana sehingga mampu memberikan respon balik secara akurat.

2.      Speaking
  • SK: Siswa mampu menirukan ungkapan salam dan responnya.
  • KD: Siswa mampu berkomunikasi dengan benar dan wajar dalam konteks menyapa dan membalas sapaan seseorang lewat percakapan sederhana.

3.      Reading
  • SK: Siswa mampu memahami kalimat tertulis sapaan dan responnya dengan tepat.
  • KD: Siswa mampu membaca dengan nyaring kalimat-kalimat sapaan sederhana dan responnya secara benar.

4.      Writing
  • SK: Siswa mampu menyalin kalimat sapaan dan responnya.
  • KD: Siswa mampu menuliskan kalimat sapaan sederhana yang didengarnya.

Indikator        :
  • Siswa mampu berkomunikasi dengan lancar, benar, dan wajar secara lisan dalam konteks memberi salam dan merespon sapaan sesuai dengan konteks dan waktu yang tepat.
  • Siswa mampu membaca sapaan tertulis dan responnya dengan nyaring dengan pengucapan dan intonasi yang akurat.
  • Siswa mampu menulis kalimat-kalimat sederhana yang berkaitan dengan salam dan responnya dengan benar.

Tujuan Pembelajaran:
Siswa mampu berkomunikasi dengan baik dan wajar secara lisan dan tertulis dalam konteks percakapan sederhana yang berhubungan dengan sapaan dan responnya baik dengan guru maupun dengan teman.

Metode Pembelajaran:
a. Tatap Muka
Siswa mengamati dan mendapatkan model-model pengucapan salam dan cara-cara meresponnya dari guru atau dari kaset/CD sehingga para siswa mampu menerapkan apa yang didapatkannya itu secara komunikatif.

b. Terstruktur
  • Siswa menyalin sapaan-sapaan dan responnya yang tercakup dalam Unit 1.
  • Siswa menghafal sapaan-sapaan sederhana tersebut di atas dan responnya.

c. Mandiri
Guru memotivasi setiap siswa  agar membiasakan diri untuk menggunakan sapaan-sapaan dan responnya yang diajarkan dalam Unit 1 dalam menyapa teman-teman dan guru baik di dalam maupun di luar kelas atau bahkan menyapa orang tua di rumah atau berkomunikasi dengan siapa saja dalam kesempatan yang tepat dalam konteks topik Unit 1 ini.

Langkah-langkah Aktivitas Pembelajaran:
A. Pertemuan ke-1
1. Kegiatan Awal (5 Menit)
Sebagai pemanasan atau brainstorming, guru menyapa para siswa dalam bahasa Inggris dengan sapaan-sapaan sederhana Hello, Hi, Good morning, Good afternoon, atau Good evening untuk mengetahui apakah para siswa sudah mampu memberikan respon pada sapaan-sapaan bahasa Inggris sederhana Hello, Hi, Good morning, Good afternoon, atau Good evening tergantung pada situasi atau waktu pembelajaran.

2. Kegiatan Inti (20 Menit)
·       Guru mempresentasikan materi ajar yang hanya terbatas pada sapaan-sapaan Hello, Hi, Good morning, Good afternoon, atau Good evening.
·       Siswa diminta mendengar apa yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD dan mengulang apa yang mereka dengar secara klasikal.
·       Siswa mengulang apa yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD secara kelompok dan individu.
·       Guru memperhatikan pengucapan bahasa Inggris siswa dan membetulkan jika ada pengucapan yang salah.
·       Guru bisa menyelipkan game atau aktivitas menarik yang lain sebagaimana telah dirancang dalam buku guru (Teacher’s Book).
·       Guru meminta para siswa mempraktekkan sapaan-sapaan itu dan responnya secara berpasangan atau berkelompok yang langkah-langkahnya sudah disiapkan secara lengkap dalam buku Panduan Guru atau Teacher’s Book.

3. Kegiatan Penutup (10 Menit)
1.        Guru menyapa siswa tertentu dan siswa yang bersangkutan diminta merespon. Guru juga bisa menunjuk pasangan siswa atau kelompok tertentu secara acak untuk mempraktekkan apa yang telah dilakukan pada kegiatan inti dengan tujuan utama untuk mengecek sajauh mana para siswa telah berhasil menguasai kompetensi dasar yang berkaitan dengan sapaan dan responnya.
2.        Guru meringkas atau merangkum sebagai kesimpulan akhir tentang apa yang telah dipelajari.
3.        Guru meminta siswa untuk mengulang kembali pelajaran yang telah diberikan di kelas atau mempraktekkan sapaan-sapaan itu dan responnya di luar kelas atau di rumah.

B. Pertemuan ke-2
1. Kegiatan Awal (5 Menit)
·       Fokus utama pertemuan ke-2 ini adalah memperkenalkan cara menanyakan kabar atau keadaan seseorang dengan ungkapan How are you?  serta jawabannya dengan Fine, thanks. And you? dan Fine too, thanks.
·       Sebelum memulai sesi brainstorming, guru mengulang materi yang telah dibahas pada pertemuan pertama dengan cara menyapa para siswa dengan sapaan-sapaan yang telah dipelajari pada pertemuaan pertama itu. Tujuannya adalah selain untuk menguji ingatan siswa juga untuk menyegarkan kembali ingatan mereka tentang apa yang sudah mereka pelajari pada pertemuan pertama.
·       Sebagai brainstorming, setelah menyapa para siswa guru menanyakan keadaan siswa dengan mengajukan pertanyaan How are you? untuk mengetahui apakah para siswa paham dengan pertanyaan itu dan apakah mereka mampu memberikan respon dengan ucapan Fine, thanks. And you?

2. Kegiatan Inti (20 Menit)
·       Guru mempresentasikan materi ajar yang hanya terbatas pada ungkapan How are you? sertanya responnya Fine, thanks. And you? serta ucapan Fine too, thanks.
·       Siswa diminta mendengar apa yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD dan mengulang apa yang mereka dengar secara klasikal.
·       Siswa mengulang apa yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD secara kelompok dan individu.
·       Guru memperhatikan pengucapan bahasa Inggris siswa dan membetulkan jika ada pengucapan yang salah.
·       Guru meminta para siswa mempraktekkan sapaan-sapaan itu dan responnya secara berpasangan atau berkelompok yang langkah-langkahnya sudah disiapkan secara lengkap dalam buku Panduan Guru atau Teacher’s Book.

3. Kegiatan Penutup (10 Menit)
4.        Guru menyapa siswa tertentu dan menanyakan kabar atau keadaannya dan siswa yang bersangkutan diminta merespon. Guru juga bisa menunjuk pasangan siswa atau kelompok tertentu secara acak untuk mempraktekkan apa yang telah dilakukan pada kegiatan inti dengan tujuan utama untuk mengecek sajauh mana para siswa telah berhasil menguasai kompetensi dasar yang berkaitan dengan topik yang telah mereka pelajari.
5.        Sebisa mungkin, pasangan siswa atau kelompok siswa tertentu diminta mempraktekkan materi dari pertemuan pertama sampai pertemuan kedua.
6.        Guru meringkas atau merangkum sebagai kesimpulan akhir tentang apa yang telah dipelajari.
7.        Guru meminta siswa untuk mengulang kembali pelajaran yang telah diberikan di kelas atau mempraktekkan sapaan-sapaan itu dan responnya di luar kelas atau di rumah.

C. Pertemuan ke-3
1. Kegiatan Awal (5 Menit)
·       Fokus utama pertemuan ke-3 ini adalah mengulangi atau memperdalam apa yang sudah dipelajari pada pertemuan pertama dan kedua.
·       Guru secara acak bertanya kepada siswa tertentu tentang apa saja yang sudah dipelajari pada pertemuan pertama. Tanyakan seperti ini: What did we learn last week? Apa yang sudah kita pelajari minggu yang lalu?
·       Kalau siswa tidak ingat, guru membantu ingatan siswa tentang apa yang telah mereka pelajari pada pertemuan pertama dan kedua.
·       Guru lalu menyapa siswa, menanyakan kabar mereka dan menunggu mereka memberikan respon sesuai dengan tuturan yang diucapkan oleh guru. Atau yang didengar dari kaset/CD.

2. Kegiatan Inti (20 Menit)
·       Guru merevisi materi yang telah dibahas pada pertemuan pertama dan kedua sambil menguji ingatan siswa tentang bahan yang telah diajarkan pada kedua pertemuan terdahulu.
·       Tidak ada materi atau topik baru yang dipresentasikan pada bagian ini selain pengulangan materi pada dua pertemuan sebelumnya. Karena itu, fokus utama pertemuan ketiga ini adalah pada latihan-latihan baik secara lisan maupun secara tertulis serta melalui game atau kegiatan menarik lainnya.
·       Siswa diminta mendengar apa yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD dan mengulang apa yang mereka dengar secara klasikal atau secara individu.
·       Siswa mengulang apa yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD secara kelompok dan individu.
·       Guru memperhatikan pengucapan bahasa Inggris siswa dan membetulkan jika ada pengucapan yang salah.
·       Guru meminta para siswa mempraktekkan sapaan-sapaan itu dan responnya secara berpasangan atau berkelompok yang langkah-langkahnya sudah disiapkan secara lengkap dalam buku Panduan Guru atau Teacher’s Book.
·       Guru juga bisa memberikan tes-tes sederhana pada pertemuan ketiga ini untuk menguji kemampuan siswa. 

3. Kegiatan Penutup (10 Menit)
8.        Guru menyapa siswa tertentu dan menanyakan keadaannya dan siswa yang bersangkutan diminta merespon. Guru juga bisa menunjuk pasangan siswa atau kelompok tertentu secara acak untuk mempraktekkan apa yang telah dilakukan pada kegiatan inti baik yang berkaitan dengan pertemuan pertama maupun pertemuan kedua dengan tujuan utama untuk mengecek sajauh mana para siswa telah berhasil menguasai kompetensi dasar yang berkaitan dengan topik yang telah mereka pelajari.
9.        Pasangan siswa atau kelompok siswa tertentu diminta mempraktekkan materi dari pertemuan pertama sampai pertemuan kedua.
10.     Guru meringkas atau merangkum sebagai kesimpulan akhir tentang apa yang telah dipelajari pada pertemuan pertama dan pertemuan kedua.
11.     Guru meminta siswa untuk mengulang kembali pelajaran yang telah diberikan di kelas atau mempraktekkan sapaan-sapaan itu dan responnya serta cara menanyakan kabar dan responnya di luar kelas atau di rumah.

Sumber/Bahan/Alat Pembelajaran:
1.      Sumber utama: buku teks ENGLISH FOR REAL COMMUNICATION: An Integrated Course for Elementary School Students 1 – Untuk Kelas I SD dan Sederajat karya Silvester Goridus Sukur (Penerbit Grasindo Jakarta).
2.      Gambar-gambar yang berkaitan dengan materi ajar
3.      Rekaman kaset/CD
4.      Buku-buku lain yang relevan

Penilaian:
1. Aspek yang dinilai:
  • Listening/Speaking: Pengucapan, kelancaran, keakuratan,
  • Reading : Pengucapan, intonasi, kelancaran
  • Writing: - Ejaan, kerapian tulisan tangan, keakuratan

2. Teknik Penilaian :
  • Tes lisan/tertulis
  • Observasi kelas
  • Penilaian guru

3. Contoh Penilaian:
  • Teknik: Tes lisan
  • Bentuk: Merespon sapaan dan merespon pertanyaan How are you?
  • Contoh instrumen:
Guru    : Hallo, Charles.
Siswa   :Hallo, Mr. Silvester. 
Guru    : How are you?
Siswa   : Fine, thanks.

4. Contoh Format Penilaian:
No.
Nama Siswa
Fluency
(Kelancaran)
Accuracy
(Keakuratan)
Pronunciation
(Pengucapan)
Intonation
(Intonasi)
Grammar
(TataBahasa)





























Mengetahui,                                                       ………………,………………………
Kepala SD ……………………                        Guru Bahasa Inggris




(________________________)                         (_______________________­)

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

SD                               : _____________________
Mata Pelajaran          : Bahasa Inggris
Kelas/Semester           : I/1
Pertemuan/Unit         : 4 – 7/2
Materi Ajar                : Name
Alokasi Waktu           : 4 Pertemuan (4 x 35 menit)
Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD):
1.      Listening
  • SK: Siswa mampu melakukan kegiatan sesuai dengan instruksi yang didengar dalam konteks nama.
  • KD: Siswa mampu menyimak dan memahami pertanyaan seseorang dalam konteks nama orang sehingga mampu memberikan jawaban balik secara akurat.

2.      Speaking
  • SK: Siswa mampu menirukan ungkapan yang berkaitan dengan pertanyaan dan jawabannya dalam hubungannya dengan nama.
  • KD: Siswa mampu berkomunikasi dengan benar dan wajar dalam konteks percakapan sederhana tentang nama.
  • KD: Siswa mampu mempernalkan nama diri.

3.      Reading
  • SK: Siswa mampu memahami kalimat tertulis tentang nama seseorang dengan tepat.
  • KD: Siswa mampu membaca dengan nyaring kalimat-kalimat sederhana yang berkaitan dengan nama secara benar.

4.      Writing
  • SK: Siswa mampu menyalin pertanyaan dan jawaban tentang nama.
  • KD: Siswa mampu membuat pertanyaan dan jawaban tertulis tentang nama secara benar baik dari segi grammar maupun dari segi ejaannya.

Indikator        :
  • Siswa mampu menanyakan nama orang lain secara akurat dengan pengucapan dan intonasi yang tepat.
  • Siswa mampu menjawab pertanyaan orang lain tentang nama.
  • Siswa mampu memahami pertanyaan dan jawaban tertulis dan membacanya dengan nyaring dengan pengucapan dan intonasi yang akurat.
  • Siswa mampu menulis kalimat-kalimat dan jawabannya yang berkaitan dengan nama secara benar baik dari segi ejaan maupun dari segi grammar.

Tujuan Pembelajaran:
Siswa mampu berkomunikasi dengan benar dan wajar secara lisan dan tertulis pada tataran sederhana dalam konteks percakapan tentang nama diri dan nama orang lain.

Metode Pembelajaran:
a. Tatap Muka
Siswa mengamati dan mendapatkan model-model pertanyaan dan jawaban tentang nama baik dari guru maupun dari kaset/CD sehingga para siswa mampu menanyakan nama orang dan menjawab pertanyaan orang dalam percakapan sederhana yang komunikatif.

b. Terstruktur
  • Siswa menyalin kalimat-kalimat tanya sederhana dan jawabannya tentang nama yang tercakup dalam Unit 2.
  • Siswa menghafal model-model pertanyaan sederhana tersebut di atas dan jawabannya.

c. Mandiri
Siswa membiasakan diri untuk mempraktekkan topik uni ini dengan cara memperkenalkan nama diri, menanyakan nama orang lain dalam bahasa Inggris baik di lingkungan kelas, sekolah, maupun di rumah dengan keluarganya.

Langkah-langkah Aktivitas Pembelajaran:
A. Pertemuan ke-4
1. Kegiatan Awal (5 Menit)
·         Guru menyapa atau memberi salam kepada para siswa dalam bahasa Inggris dan siswa merespon.
·         Guru menanyakan kabar siswa dengan How are you? dan siswa menjawab.
·         Sebagai pemanasan atau brainstorming, guru menanyakan nama beberapa siswa secara acak dengan fokus pertanyaan What is your name? untuk mengetahui apakah mereka sudah bisa menjawab pertanyaan tentang nama seseorang.
·         Guru bisa bertanya kepada siswa apakah mereka sudah tahu cara menanyakan nama dan menjawab pertanyaan tentang nama dalam bahasa Inggris.
·         Guru memberitahu bahwa dalam pertemua itu siswa akan mempelajari cara menanyakan nama dan cara menjawabnya yang hanya terbatas pada pertanyaan What is your name? dan jawaban My name is … .

2. Kegiatan Inti (20 Menit)
·       Guru mempresentasikan materi ajar yang hanya terbatas pada pertanyaan What is your name? dan jawaban My name is … .
·       Siswa diminta mendengar apa yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD dan mengulang apa yang mereka dengar secara klasikal.
·       Siswa mengulang apa yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD secara kelompok dan individu.
·       Guru memperhatikan pengucapan bahasa Inggris siswa dan membetulkan jika ada pengucapan yang salah.
·       Guru meminta para siswa mempraktekkan dialog tentang nama secara berpasangan yang langkah-langkahnya sudah disiapkan secara lengkap dalam buku Panduan Guru atau Teacher’s Book.
·       Guru bisa menyuruh siswa bertanya jawab tentang nama teman-teman mereka di kelas lalu mengeceknya secara individu.

3. Kegiatan Penutup (10 Menit)
12.     Guru menanyakan nama siswa tertentu dan siswa yang bersangkutan diminta menjawab. Guru juga bisa menunjuk pasangan siswa tertentu secara acak untuk mempraktekkan apa yang telah dilakukan pada kegiatan inti dengan tujuan utama untuk mengecek sajauh mana para siswa telah berhasil menguasai kompetensi dasar yang berkaitan dengan cara menanyakan nama orang serta menjawabnya yang terbatas pada pertanyaan What is your name? dan jawaban My name is … saja.
13.     Guru meringkas atau merangkum sebagai kesimpulan akhir tentang apa yang telah dipelajari.
14.     Guru meminta siswa untuk mengulang kembali pelajaran yang telah diberikan di kelas atau mempraktekkan pertanyaan What is your name? dan jawaban My name is … di luar kelas atau di rumah.

B. Pertemuan ke-5
1. Kegiatan Awal (5 Menit)
·         Guru memberi salam kepada siswa dalam bahasa Inggris dan siswa merespon.
·         Guru menanyakan kabar siswa dalam bahasa Inggris dan siswa menjawab.
·         Untuk mengulang materi pada pertemuan ke-4, guru menanyakan beberapa siswa secara acak nama-nama mereka dengan pertanyaan What is your name?
·         Guru bisa bertanya kepada siswa apakah mereka sudah tahu cara menanyakan nama dan menjawab pertanyaan tentang nama dalam bahasa Inggris.
·         Guru merevisi materi yang sudah dibahas pada pertemuan ke-4 sepintas saja.
·         Guru memberitahu siswa bahwa dalam pertemuan kali ini siswa akan mempelajari cara menanyakan nama dan cara menjawabnya yang hanya terbatas pada pertanyaan dan jawaban: What is his name? His name is … . What is her name? Her name is ….

2. Kegiatan Inti (20 Menit)
·       Guru mempresentasikan materi ajar yang hanya terbatas pada pertanyaan dan jawaban What is his name? His name is … . What is her name? Her name is ….
·       Siswa diminta mendengar apa yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD dan mengulang apa yang mereka dengar secara klasikal.
·       Siswa mengulang apa yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD secara kelompok dan individu.
·       Guru memperhatikan pengucapan bahasa Inggris siswa dan membetulkan jika ada pengucapan yang salah.
·       Guru meminta para siswa mempraktekkan dialog tentang nama secara berpasangan yang langkah-langkahnya sudah disiapkan secara lengkap dalam buku Panduan Guru atau Teacher’s Book.
·       Guru bisa menyuruh siswa bertanya jawab dengan teman di sampingnya tentang nama teman-teman mereka di kelas lalu mengeceknya secara individu.

3. Kegiatan Penutup (10 Menit)
15.     Guru menanyakan siswa tertentu tentang nama seseorang dan siswa yang bersangkutan diminta menjawab. Guru juga bisa menunjuk pasangan siswa tertentu secara acak untuk mempraktekkan apa yang telah dilakukan pada kegiatan inti dengan tujuan utama untuk mengecek sajauh mana para siswa telah berhasil menguasai kompetensi dasar yang berkaitan dengan cara menanyakan nama orang serta menjawabnya yang terbatas pada pertanyaan What is his name? His name is … . What is her name? Her name is …. saja.
16.     Guru meringkas atau merangkum sebagai kesimpulan akhir tentang apa yang telah dipelajari.
17.     Guru meminta siswa untuk mengulang kembali pelajaran yang telah diberikan di kelas atau mempraktekkan pertanyaan What is his name? His name is … . What is her name? Her name is ….  di luar kelas atau di rumah.

C. Pertemuan ke-6
1. Kegiatan Awal (5 Menit)
·         Guru memberi salam kepada siswa dalam bahasa Inggris dan siswa merespon.
·         Guru menanyakan kabar siswa dalam bahasa Inggris dan siswa menjawab.
·         Guru bisa mengulang materi pada pertemuan ke-4 dan ke-5 dengan menanyakan beberapa siswa secara acak nama-nama mereka dan nama orang lain di kelas itu dengan pola yang sudah dipelajari pada kedua pertemuan itu.
·         Guru merevisi materi yang sudah dibahas pada pertemuan ke-4 dan ke-5 sepintas saja.
·         Guru memberitahu siswa bahwa dalam pertemuan kali ini siswa akan mempelajari cara menanyakan nama dan cara menjawabnya yang hanya terbatas pada pertanyaan dan jawaban: What is your …‘s name? seperti What is your father’s name? What is your mother’s name? My ...’s name is … seperti My father’s name is … . My mother’s name is … .

2. Kegiatan Inti (20 Menit)
·       Guru mempresentasikan materi ajar yang hanya terbatas pada pertanyaan dan jawaban What is your …‘s name? seperti What is your father’s name? What is your mother’s name? My ...’s name is … seperti My father’s name is … . My mother’s name is … .
·       Siswa diminta mendengar apa yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD dan mengulang apa yang mereka dengar secara klasikal.
·       Siswa mengulang apa yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD secara kelompok dan individu.
·       Guru memperhatikan pengucapan bahasa Inggris siswa dan membetulkan jika ada pengucapan yang salah.
·       Guru meminta para siswa mempraktekkan percakapan di buku secara berpasangan yang langkah-langkahnya sudah disiapkan secara lengkap dalam buku Panduan Guru atau Teacher’s Book.
·       Guru bisa menyuruh siswa bertanya jawab dengan teman di sampingnya tentang nama orang tua mereka lalu mengeceknya secara individu.

3. Kegiatan Penutup (10 Menit)
18.     Guru menanyakan siswa tertentu tentang nama kedua orang tua mereka dan siswa yang bersangkutan diminta menjawab. Guru juga bisa menunjuk pasangan siswa tertentu secara acak untuk mempraktekkan apa yang telah dilakukan pada kegiatan inti dengan tujuan utama untuk mengecek sajauh mana para siswa telah berhasil menguasai kompetensi dasar yang berkaitan dengan cara menanyakan nama orang serta menjawabnya yang terbatas pada pertanyaan What is your …‘s name? seperti What is your father’s name? What is your mother’s name? My ...’s name is … seperti My father’s name is … . My mother’s name is … .
19.     Guru meringkas atau merangkum sebagai kesimpulan akhir tentang apa yang telah dipelajari.
20.     Guru meminta siswa untuk mengulang kembali pelajaran yang telah diberikan di kelas atau mempraktekkan pertanyaan What is your …‘s name? seperti What is your father’s name? What is your mother’s name? My ...’s name is … seperti My father’s name is … . My mother’s name is … di luar kelas atau di rumah.

D. Pertemuan ke-7
1. Kegiatan Awal (5 Menit)
·       Fokus utama pertemuan ke-7 ini adalah mengulangi atau memperdalam apa yang sudah dipelajari pada pertemuan ke-4, ke-5, dan ke-6.
·       Guru secara acak bertanya kepada siswa tertentu tentang apa saja yang sudah dipelajari pada tiga pertemuan sebelumnya itu. Tanyakan seperti ini: What is your name? What is his/her name? What is your father’s/mother’s name?
·       Kalau siswa tidak ingat, guru membantu ingatan siswa tentang apa yang telah mereka pelajari pada pertemuan ke-4, ke-5, dan ke-6.

2. Kegiatan Inti (20 Menit)
·       Guru merevisi materi yang telah dibahas pada pertemuan ke-4, ke-5, dan ke-6 sambil menguji ingatan siswa tentang bahan yang telah diajarkan pada tiga pertemuan terdahulu itu.
·       Tidak ada materi atau topik baru yang dipresentasikan pada bagian ini selain pengulangan materi pada dua pertemuan sebelumnya. Karena itu, fokus utama pertemuan ke-7 ini adalah pada latihan-latihan baik secara lisan maupun secara tertulis serta melalui game atau kegiatan menarik lainnya.
·       Siswa diminta mendengar apa yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD dan mengulang apa yang mereka dengar secara klasikal atau secara individu.
·       Siswa mengulang apa yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD secara kelompok dan individu.
·       Guru memperhatikan pengucapan bahasa Inggris siswa dan membetulkan jika ada pengucapan yang salah.
·       Guru meminta para siswa mempraktekkan cara-cara menanyakan nama dan cara menjawabnya secara berpasangan yang langkah-langkahnya sudah disiapkan secara lengkap dan rinci dalam buku Panduan Guru atau Teacher’s Book.
·       Guru juga bisa memberikan tes-tes sederhana pada pertemuan ke-7 ini untuk menguji kemampuan siswa. 

3. Kegiatan Penutup (10 Menit)
21.     Guru menanyakan siswa tentang namanya, nama orang lain, dan nama kedua orang tuanya dan siswa yang bersangkutan diminta merespon. Guru juga bisa menunjuk pasangan siswa tertentu untuk melakukan hal yang sama.
22.     Pasangan siswa siswa tertentu diminta mempraktekkan materi pertemuan ke-4, ke-5, dan ke-6.
23.     Guru meringkas atau merangkum sebagai kesimpulan akhir tentang apa yang telah dipelajari pada pertemuan ke-4, ke-5, dan ke-6.
24.     Guru meminta siswa untuk mengulang kembali pelajaran yang telah dipelajari.

Sumber/Bahan/Alat Pembelajaran:
1.      Sumber utama: buku teks ENGLISH FOR REAL COMMUNICATION: An Integrated Course for Elementary School Students 1 – Untuk Kelas I SD dan Sederajat karya Silvester Goridus Sukur (Penerbit Grasindo Jakarta).
2.      Gambar-gambar yang berkaitan dengan materi ajar
3.      Rekaman kaset/CD
4.      Buku-buku lain yang relevan

Penilaian:
1. Aspek yang dinilai:
  • Listening/Speaking: Pengucapan, kelancaran, keakuratan, intonasi, ekspresi wajah,
                                         tata bahasa,
  • Reading : Pengucapan, intonasi, kelancaran
  • Writing: - Ejaan, kerapian tulisan tangan, keakuratan, grammar

2. Teknik Penilaian :
  • Tes lisan/tertulis
  • Observasi kelas
  • Penilaian guru

3. Contoh Penilaian:
  • Teknik: Tes lisan
  • Bentuk: Merespon sapaan dan merespon pertanyaan tentang nama diri dan nama orang lain.
  • Contoh instrumen:
Guru    : Good morning.
Siswa   : Good morning. 
Guru    : What is your name?
Siswa   : My name is Ratih.
Guru    : What is your father’s name?
Siswa   : His name is Wahyudi.
Guru    : What is your mother’s name?
Siswa   : Her name is Wahyuni.

4. Contoh Format Penilaian:
No.
Nama Siswa
Fluency
(Kelancaran)
Accuracy
(Keakuratan)
Pronunciation
(Pengucapan)
Intonation
(Intonasi)
Grammar
(TataBahasa)





























Mengetahui,                                                       ………………,………………………
Kepala SD ……………………                        Guru Bahasa Inggris




(________________________)                         (_______________________­)











Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

SD                               : _____________________
Mata Pelajaran          : Bahasa Inggris
Kelas/Semester           : I/1
Pertemuan/Unit         : 8 – 10/3
Materi Ajar                : Alphabet
Alokasi Waktu           : 3 Pertemuan (3 x 35 menit)
Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD):
1. Listening
  • SK: Siswa mampu melakukan kegiatan sesuai dengan instruksi yang didengar dalam konteks alfabet.
  • KD: Siswa mampu menyimak dan memahami secara akurat kata-kata yang dilafalkan oleh seseorang sehingga memahami kata yang dilafalkan.

2. Speaking
  • SK: Siswa mampu menirukan pelafalan kata-kata yang diucapkan oleh guru atau yang didengar dari kaset/CD.
  • KD: Siswa mampu mengeja nama diri dan kata-kata lainnya dengan akurat sehingga terjalin komunikasi yang baik dengan seseorang secara wajar dalam konteks percakapan sederhana tentang cara mengeja kata.

3. Reading
  • SK: Siswa mampu memahami kalimat tertulis dan kata-kata dalam konteks pengejaan kata.
  • KD: Siswa mampu membaca dengan nyaring kalimat-kalimat sederhana yang berkaitan dengan alfabet bahasa Inggris secara benar.

4. Writing
  • SK: Siswa mampu menyalin kata atau kalimat dalam konteks alfabet.
  • KD: Siswa mampu menuliskan dengan benar kata-kata yang dilafalkan oleh seseorang.

Indikator        :
  • Siswa mampu melafalkan alfabet A – Z dalam bahasa Inggris dengan lancar serta pengucapan yang benar
  • Siswa mampu mengeja kata-kata bahasa Inggris dengan lancar dan akurat.
  • Siswa mampu menuliskan huruf dengan benar sesuai dengan yang didengarkan.
  • Siswa mampu menanyakan ejaan atau pelafalan sebuah kata kepada seseorang.

Tujuan Pembelajaran:
Siswa mampu berinteraksi dan berkomunikasi dengan benar dan wajar secara lisan dan tertulis pada tataran sederhana dengan orang lain dalam konteks mengeja huruf-huruf dalam bahasa Ingris dan menanyakan ejaan kata-kata tertentu.

Metode Pembelajaran:
a. Tatap Muka
Siswa mengamati dan mendapatkan model-model pengucapan huruf-huruf A – Z serta cara meminta seseorang untuk mengeja huruf dalam bahasa Inggris baik dari guru maupun dari kaset/CD sehingga para siswa juga mampu melakukan hal serupa dalam percakapan sederhana yang komunikatif.

b. Terstruktur
  • Siswa menyalin huruf-huruf A-Z dengan benar.
  • Siswa menghafal pelafalan atau cara mengeja huruf A-Z.

c. Mandiri
Siswa membiasakan diri untuk mengeja nama diri dan mengeja kata-kata tertentu di luar kelas baik karena tugas dari guru maupun karena usaha sendiri.

Langkah-langkah Aktivitas Pembelajaran:
A. Pertemuan ke-8
1. Kegiatan Awal (5 Menit)
·         Guru memberi salam kepada para siswa dalam bahasa Inggris dan siswa merespon.
·         Guru menanyakan kabar siswa dengan How are you? dan siswa menjawab.
·         Untuk brainstorming, guru menanyakan nama siswa tertentu secara acak dan meminta siswa mengejanya.
·         Guru bisa bertanya kepada siswa apakah mereka sudah tahu cara mengeja huruf-huruf A-Z dalam bahasa Inggris.
·         Guru memberitahu bahwa dalam pertemua itu siswa akan mempelajari cara mengeja huruf A – Z dalam bahasa Inggris.

2. Kegiatan Inti (20 Menit)
·       Guru mempresentasikan materi ajar yang hanya terbatas pada cara mengeja huruf A–Z dalam bahasa Inggris.
·       Siswa diminta mendengar huruf A – Z yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD dan mengulang apa yang mereka dengar secara klasikal.
·       Siswa mengulang pengucapan huruf A – Z yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD secara kelompok dan individu.
·       Guru memperhatikan pengucapan huruf A – Z siswa dalam bahasa Inggris dan membetulkan jika ada pengucapan yang salah.
·       Guru meminta para siswa mempraktekkan pengucapan huruf A – Z secara individu yang langkah-langkahnya sudah disiapkan secara lengkap dalam buku Panduan Guru atau Teacher’s Book.
·       Guru bisa menuliskan kata tertentu di papan tulis dan menyuruh siswa secara individu untuk mengeja kata itu huruf demi huruf.
·       Guru juga bisa menyelipkan game atau aktivitas menarik lain seperti yang sudah disiapkan dengan lengkap di dalam Teacher’s Book.

3. Kegiatan Penutup (10 Menit)
·       Guru menanyakan nama siswa tertentu dan siswa itu diminta menjawab. Guru lalu meminta siswa itu mengeja namanya dengan mengatakan Spell it.
·       Guru juga bisa menunjuk pasangan siswa tertentu secara acak untuk saling bertanya jawab tentang nama lalu mengejanya, misalnya:
Bob: What is your name?
Rina: My name is Rina. R-I-N-A.
·       Guru meringkas atau merangkum sebagai kesimpulan akhir tentang apa yang telah dipelajari.
·       Guru meminta siswa untuk mengulang kembali pelajaran yang telah diberikan di kelas atau mempraktekkan pertanyaan cara pelafalan huruf A-Z di luar kelas atau di rumah.

B. Pertemuan ke-9
1. Kegiatan Awal (5 Menit)
·         Guru memberi salam kepada siswa dalam bahasa Inggris dan siswa merespon.
·         Guru menanyakan kabar siswa dalam bahasa Inggris dan siswa menjawab.
·         Untuk mengulang materi pada pertemuan ke-8, guru menyebutkan huruf-huruf dalam bahasa Indonesa dan siswa tertentu menyebutnya dalam bahasa Inggris.
·         Guru merevisi cara pengucapan huruf A-Z dengan menuliskan huruf A-Z di papan tulis dan siswa mengulang secara klasikal seperti yang sudah disiapkan dalam Teacher’s Book.
·         Guru memberitahu siswa bahwa dalam pertemuan kali ini siswa masih akan mempelajari cara mengeja kata-kata dalam bahasa Inggris.

2. Kegiatan Inti (20 Menit)
·         Guru mempresentasikan materi ajar yang masih seputar cara mengeja kata-kata bahasa Inggris, misalnya:
Guru: What is it?
Siswa: It is a pen.
Guru: Spell it.
Siswa: P-E-N.
·       Siswa diminta mendengar apa yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD dan mengulang apa yang mereka dengar secara klasikal.
·       Siswa mengulang apa yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD secara kelompok dan individu.
·       Guru memperhatikan pengucapan kata dalam bahasa Inggris yang dilakukan siswa dan membetulkan jika ada pengucapan yang salah.
·       Guru meminta para siswa mempraktekkan dialog tentang cara mengeja kata secara berpasangan yang langkah-langkahnya sudah disiapkan secara lengkap dalam buku Panduan Guru atau Teacher’s Book.
·       Guru bisa menyuruh siswa bertanya jawab dengan teman di sampingnya tentang namanya dan mengejaknya dengan lancar dan benar lalu mengeceknya secara individu.
Catatan: Langkah-langkah yang sangat sistematis dan rinci tentang cara melakukan setiap kegiatan selama proses pembelajaran dapat dilihat dalam Teacher’s Book.

3. Kegiatan Penutup (10 Menit)
·      Guru menanyakan nama siswa tertentu dan siswa itu menjawab. Guru juga memintanya untuk mengeja namanya itu huruf demi huruf. Guru juga bisa menunjukkan gambar tertentu dan bertanya nama gambar itu lalu meminta siswa mengejanya huruf demi huruf. Guru juga bisa menunjuk pasangan siswa tertentu secara acak untuk mempraktekkan apa yang telah dilakukan pada kegiatan inti dengan tujuan utama untuk mengecek sajauh mana para siswa telah berhasil menguasai kompetensi dasar yang berkaitan dengan cara mengeja nama diri atau kata-kata tertentu dalam bahasa Inggris.
·      Guru meringkas atau merangkum sebagai kesimpulan akhir tentang apa yang telah dipelajari.
·      Guru meminta siswa untuk mengulang kembali pelajaran yang telah diberikan di kelas atau mempraktekkan tanya jawab sederhana seputar pelafalan kata dalam bahasa Inggris di luar kelas atau di rumah.

C. Pertemuan ke-10
1. Kegiatan Awal (5 Menit)
·       Fokus utama pertemuan ke-10 ini adalah mengulangi atau memperdalam apa yang sudah dipelajari pada pertemuan ke-8 dan ke-10.
·       Guru secara acak menanyakan nama siswa tertentu atau nama benda tertentu seperti yang sudah dipelajari pada pertemuan ke-8 dan ke-10 dan meminta mereka mengejanya dengan benar.
·       Kalau siswa tidak ingat, guru membantu ingatan siswa tentang apa yang telah mereka pelajari pada pertemuan ke-8 dan ke-10, terutama cara mengeja huruf A-Z dalam bahasa Inggris.

2. Kegiatan Inti (20 Menit)
·       Guru merevisi materi yang telah dibahas pada pertemuan ke-8 dan ke-10 sambil menguji ingatan siswa tentang bahan yang telah diajarkan pada 2 pertemuan sebelumnya.
·       Tidak ada materi atau topik baru yang dipresentasikan pada bagian ini selain pengulangan materi pada dua pertemuan sebelumnya. Karena itu, fokus utama pertemuan ke-10 ini adalah pada latihan-latihan baik secara lisan maupun secara tertulis serta melalui game atau kegiatan menarik lainnya seperti telah disiapkan dalam Teacher’s Book.
·       Siswa diminta mendengar apa yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD dan mengulang apa yang mereka dengar secara klasikal atau secara individu.
·       Siswa mengulang apa yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD secara kelompok dan individu.
·       Guru memperhatikan pelafalan siswa dan membetulkan jika ada pengucapan yang salah.
·       Guru meminta para siswa mempraktekkan cara-cara menanyakan nama dan cara menjawabnya serta cara melafalkannya secara berpasangan yang langkah-langkahnya sudah disiapkan secara lengkap dan rinci dalam Teacher’s Book.
·       Guru juga bisa memberikan tes-tes sederhana pada pertemuan ke-10 atau meminta mereka mengerjakan Mini Test yang disiapkan pada tiap unit untuk menguji kemampuan siswa. 

3. Kegiatan Penutup (10 Menit)
·      Guru menanyakan siswa tentang namanya, atau nama benda tertentu dan meminta siswa bersangkutan untuk mengejanya. Guru juga bisa menunjuk pasangan siswa tertentu untuk melakukan hal yang sama.
·      Pasangan siswa tertentu diminta mempraktekkan materi pertemuan ke-8 dan ke-10.
·      Guru meringkas atau merangkum sebagai kesimpulan akhir tentang apa yang telah dipelajari pada pertemuan ke-8 dan ke-10.
·      Guru meminta siswa untuk mengulang kembali pelajaran yang telah dipelajari.

Sumber/Bahan/Alat Pembelajaran:
1.      Sumber utama: buku teks ENGLISH FOR REAL COMMUNICATION: An Integrated Course for Elementary School Students 1 – Untuk Kelas I SD dan Sederajat karya Silvester Goridus Sukur (Penerbit Grasindo Jakarta).
2.      Gambar-gambar yang berkaitan dengan materi ajar
3.      Rekaman kaset/CD
4.      Buku-buku lain yang relevan

Penilaian:
1. Aspek yang dinilai:
  • Listening/Speaking: Pengucapan, kelancaran, keakuratan, intonasi, ekspresi wajah,
                                         tata bahasa.
  • Reading : Pengucapan, intonasi, kelancaran, akurasi
  • Writing: - Ejaan, kerapian tulisan tangan, keakuratan

2. Teknik Penilaian :
  • Tes lisan/tertulis
  • Observasi kelas
  • Penilaian guru

3. Contoh Penilaian:
  • Teknik: Tes lisan
  • Bentuk: Mengidentifikasi nama benda dan mengeja katanya.
  • Contoh instrumen:
Guru    : What is it.
Siswa   : It is a book. 
Guru    : Spell it.
Siswa   : B-O-O-K.

4. Contoh Format Penilaian:
No.
Nama Siswa
Fluency
(Kelancaran)
Accuracy
(Keakuratan)
Pronunciation
(Pengucapan)
Intonation
(Intonasi)
Grammar
(TataBahasa)




















Mengetahui,                                                       ………………,………………………
Kepala SD ……………………                        Guru Bahasa Inggris




(________________________)                         (_______________________­)

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

SD                               : _____________________
Mata Pelajaran          : Bahasa Inggris
Kelas/Semester           : I/1
Pertemuan/Unit         : 11 – 12/4
Materi Ajar                : Revision
Alokasi Waktu           : 2 Pertemuan (2 x 35 menit)
Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD):
1. Listening
  • SK: Siswa mampu melakukan kegiatan sesuai dengan instruksi yang didengar dalam konteks sapaan, nama, dan alfabet.
  • KD: Siswa mampu menyimak dan memahami secara akurat sapaan, pertanyaan dan jawaban tentang nama, serta kata-kata yang dilafalkan oleh seseorang.

2. Speaking
  • SK: Siswa mampu menirukan sapaan, pertanyaan dan jawaban tentang nama, serta pelafalan kata-kata yang diucapkan oleh guru atau yang didengar dari kaset/CD.
  • KD: Siswa mampu bercakap-cakap dalam bahasa Inggris sederhana dengan baik dan komunikatif seputar memberi salam dan merespon salam, tanya jawab tentang nama serta bisa mengejanya dengan benar.

3. Reading
  • SK: Siswa mampu memahami kalimat tertulis dan kata-kata dalam konteks salam, nama, dan alfabet.
  • KD: Siswa mampu membaca dengan nyaring kalimat-kalimat sederhana yang berkaitan dengan salam, nama, dan alfabet bahasa Inggris secara benar.

4. Writing
  • SK: Siswa mampu menyalin kata atau kalimat dalam salam, nama, dan alfabet.
  • KD: Siswa mampu menuliskan dengan benar kalimat dan kata-kata yang dilafalkan oleh seseorang dalam konteks salam, nama, dan alfabet.

Indikator        :
  • Siswa mampu berkomunikasi baik secara lisan maupun secara tertulis dalam lingkup topik yang sudah dipelajari pada Unit 1 – Unit 3.
  • Siswa mampu memberi salam dan merespon salam orang lain.
  • Siswa mampu menanyakan kabar orang lain dan dapat menjawab pertanyaan serupa.
  • Siswa mampu menanyakan nama orang lain dan memperkenalkan nama diri.
  • Siswa mampu melafalkan alfabet A – Z dalam bahasa Inggris dengan lancar serta pengucapan yang benar.
  • Siswa mampu mengeja kata-kata bahasa Inggris dengan lancar dan akurat.
  • Siswa mampu menuliskan huruf, kata, atau kalimat dengan benar sesuai dengan yang didengarkan dalam lingkup salam, nama, dan alfabet.

Tujuan Pembelajaran:
Siswa mampu berinteraksi dan berkomunikasi dengan benar dan wajar secara lisan dan tertulis dalam konteks revisi atau pengulangan dan pendalaman materi yang sudah diajarkan pada Unit 1 – Unit 3 tentang salam, nama, dan alfavet..

Metode Pembelajaran:
a. Tatap Muka
Siswa mengamati dan mendapatkan model-model pengucapan salam, pertanyaan dan jawaban tentang nama, alfabet A – Z serta cara meminta seseorang untuk mengeja huruf dalam bahasa Inggris baik dari guru maupun dari kaset/CD sehingga para siswa juga mampu melakukan hal serupa dalam percakapan sederhana yang komunikatif seputar salam, nama, dan alfabet.  

b. Terstruktur
  • Siswa menyalin huruf-huruf A-Z, kata, dan kalimat sederhana dengan benar seputar salam, nama, dan alfabet.
  • Siswa menghafal kembali cara memberi salam dan cara meresponnya, cara bertanya jawab tentang nama, dan cara mengeja huruf A-Z dalam bahasa Inggris.

c. Mandiri
Siswa membiasakan diri untuk mengulangi dan mempraktekan percakapan-percakapan yang sederhana seputar salam, nama, dan alfabet di luar kelas baik karena tugas dari guru maupun karena usaha sendiri.

Langkah-langkah Aktivitas Pembelajaran:
A. Pertemuan ke-11
1. Kegiatan Awal (5 Menit)
·       Fokus utama pertemuan ke-11 ini adalah mengulangi atau memperdalam materi yang dipelajari pada Unit 1 – Unit 2 tentang salam dan nama.
·       Guru secara acak menyapa siswa tertentu dan menanyakan namanya dan meminta mereka menjawab.
·       Kalau siswa tidak ingat, guru membantu ingatan siswa tentang apa yang telah mereka pelajari pada Unit 1 dan Unit 2.

2. Kegiatan Inti (20 Menit)
·       Guru merevisi materi yang telah dibahas pada Unit 1 dan Unit 2 sambil menguji ingatan siswa tentang bahan yang telah diajarkan pada 2 unit itu.
·       Tidak ada materi atau topik baru yang dipresentasikan pada bagian ini selain pengulangan materi pada Unit 1 dan Unit 2. Karena itu, fokus utama pertemuan ke-11 ini adalah pada latihan-latihan baik secara lisan maupun secara tertulis serta melalui game atau kegiatan menarik lainnya seperti telah disiapkan dalam Teacher’s Book.
·       Siswa diminta mendengar apa yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD dan mengulang apa yang mereka dengar secara klasikal atau secara individu.
·       Siswa mengulang apa yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD secara kelompok dan individu.
·       Guru memperhatikan kalimat yang diucapkan oleh siswa dan membetulkan jika ada kesalahan.
·       Guru meminta para siswa mempraktekkan cara-cara memberi salam dan meresponnya serta cara menanyakan dan menjawab pertanyaan tentang nama secara berpasangan yang langkah-langkahnya sudah disiapkan secara lengkap dan rinci dalam Teacher’s Book.
·       Guru juga bisa memberikan tes-tes sederhana pada pertemuan ke-11 baik secara lisan maupun secara tertulis. 

3. Kegiatan Penutup (10 Menit)
·      Guru memberi salam dan siswa menjawab.
·      Guru menanyakan nama siswa dan siswa menjawabnya. Guru juga bisa menunjuk pasangan siswa tertentu untuk melakukan hal yang sama.
·      Pasangan siswa tertentu diminta mempraktekkan materi Unit 1 dan Unit 2.
·      Guru meringkas atau merangkum sebagai kesimpulan akhir tentang materi yang telah dipelajari pada Unit 1 dan Unit 2.
·      Guru meminta siswa untuk mengulang pelajaran yang telah dipelajari di rumah.

B. Pertemuan ke-12
1. Kegiatan Awal (5 Menit)
·       Fokus utama pertemuan ke-12 ini adalah selain mengulangi atau memperdalam materi yang dipelajari pada Unit 3 seputar alfabet A-Z dalam bahasa Inggris, juga merevisi materi pada Unit 1 dan 2 yang telah direvisi pada peremuan ke-11.
·       Guru secara acak menyapa siswa tertentu dan menanyakan namanya dan meminta mereka menjawab dan mengejanya.
·       Kalau siswa tidak ingat, guru membantu ingatan siswa tentang apa yang telah mereka pelajari pada Unit 3 sekaligus Unit 1 dan Unit 2.

2. Kegiatan Inti (20 Menit)
·       Guru merevisi materi yang telah dibahas pada Unit 3 sekaligus Unit 1 dan Unit 2 sambil menguji ingatan siswa tentang bahan yang telah diajarkan pada 3 unit itu.
·       Tidak ada materi atau topik baru yang dipresentasikan pada bagian ini selain pengulangan materi pada Unit 3 sekaligus Unit 1 dan Unit 2. Karena itu, fokus utama pertemuan ke-12 ini adalah pada latihan-latihan baik secara lisan maupun secara tertulis serta melalui game atau kegiatan menarik lainnya seperti telah disiapkan dalam Teacher’s Book.
·       Siswa diminta mendengar apa yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD dan mengulang apa yang mereka dengar secara klasikal atau secara individu.
·       Siswa mengulang apa yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD secara kelompok dan individu.
·       Guru memperhatikan kalimat yang diucapkan oleh siswa dan membetulkan jika ada kesalahan.
·       Guru meminta para siswa mempraktekkan cara-cara memberi salam dan meresponnya serta cara menanyakan dan menjawab pertanyaan tentang nama secara berpasangan, serta cara melafalkan kata-kata dalam bahasa Inggris secara akurat yang langkah-langkahnya sudah disiapkan secara lengkap dan rinci dalam Teacher’s Book.
·       Guru juga bisa memberikan tes-tes sederhana pada pertemuan ke-12 baik secara lisan maupun secara tertulis termasuk mengerjakan Mini Test di Student’s Book. 

3. Kegiatan Penutup (10 Menit)
·      Guru menanyakan memberi salam dan siswa menjawab.
·      Guru menanyakan nama siswa dan siswa menjawabnya.
·      Guru menanyakan nama benda tertentu dan meminta siswa mengejanya. Guru juga bisa menunjuk pasangan siswa tertentu untuk melakukan hal yang sama.
·      Pasangan siswa tertentu diminta mempraktekkan materi Unit 1, Unit 2 dan Unit 3.
·      Guru meringkas atau merangkum sebagai kesimpulan akhir tentang materi yang telah dipelajari pada Unit 1 - Unit 3.
·      Guru meminta siswa untuk mengulang pelajaran yang telah dipelajari di rumah.

Sumber/Bahan/Alat Pembelajaran:
1.      Sumber utama: buku teks ENGLISH FOR REAL COMMUNICATION: An Integrated Course for Elementary School Students 1 – Untuk Kelas I SD dan Sederajat karya Silvester Goridus Sukur (Penerbit Grasindo Jakarta).
2.      Gambar-gambar yang berkaitan dengan materi ajar
3.      Rekaman kaset/CD
4.      Buku-buku lain yang relevan

Penilaian:
1. Aspek yang dinilai:
  • Listening/Speaking: Pengucapan, kelancaran, keakuratan, intonasi, ekspresi wajah,
                                         tata bahasa.
  • Reading : Pengucapan, intonasi, kelancaran, akurasi
  • Writing: - Ejaan, kerapian tulisan tangan, keakuratan

2. Teknik Penilaian :
  • Tes lisan/tertulis
  • Observasi kelas
  • Penilaian guru

3. Contoh Penilaian:
  • Teknik: Tes lisan
  • Bentuk: Merespon sapaan, menjawab pertanyaan tentang nama orang, dan mengeja kata
  • Contoh instrumen:
Guru                : Good morning.
Siswa A           : Good morning.
Guru                : What is your father’s name?
Siswa   A          : His name is Wahyudin. 
Guru                : Spell it.
Siswa   A          : W – A – H – Y – U – D – I – N.

Guru    :Hello, Aldi. How are you?
Aldi      : Fine, thank you. And you?
Guru    : Fine, too. Thanks. What is your mother’s name?
Aldi      : Her name is Aurelia. 
Guru    : Spell it.
Aldi      : A – U – R – E – L – I – A.

4. Contoh Format Penilaian:
No.
Nama Siswa
Fluency
(Kelancaran)
Accuracy
(Keakuratan)
Pronunciation
(Pengucapan)
Intonation
(Intonasi)
Grammar
(TataBahasa)












Mengetahui,                                                       ………………,………………………
Kepala SD ……………………                        Guru Bahasa Inggris


(________________________)                         (_______________________­)










Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

SD                               : _____________________
Mata Pelajaran          : Bahasa Inggris
Kelas/Semester           : I/1
Pertemuan/Unit         : 13 – 14/5
Materi Ajar                : Numbers 1 – 10
Alokasi Waktu           : 2 Pertemuan (2 x 35 menit)
Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD):
1. Listening
  • SK: Siswa mampu melakukan kegiatan sesuai dengan instruksi yang didengar dalam konteks angka 1 – 10.
  • KD: Siswa mampu menyimak dan mengidentifikasi angka-angka yang didengar.

2. Speaking
  • SK: Siswa mampu menirukan pengucapan angka 1 – 10 yang diucapkan oleh guru atau yang didengar dari kaset/CD.
  • KD: Siswa mampu menyebutkan angka 1 – 10 dalam bahasa Inggris dengan akurat sehingga terjalin komunikasi yang baik dengan seseorang secara wajar dalam percakapan sederhana tentang menyebutkan angka 1 – 10.

3. Reading
  • SK: Siswa mampu memahami kalimat tertulis yang berhubungan dengan angka 1 – 10.
  • KD: Siswa mampu membaca dengan nyaring angka 1 – 10 dalam bahasa Inggris dengan intonasi dan pengucapan yang benar.

4. Writing
  • SK: Siswa mampu menyalin angka one, two, three, four, five, six, seven, eight, nine, ten dengan akurat.
  • KD: Siswa mampu menuliskan dengan benar kata-kata yang menunjungk pada angka seperti one, two, three, four, five, six, seven, eight, nine, ten yang diucapkan oleh seseorang.

Indikator        :
  • Siswa mampu mengucapkan kata-kata  one, two, three, four, five, six, seven, eight, nine, ten dengan lancar serta dengan pengucapan yang benar
  • Siswa mampu menuliskan kata-kata yang menunjuk pada angka 1 – 10 seperti one, two, three, four, five, six, seven, eight, nine, ten dengan benar sesuai dengan yang didengarkan.
  • Siswa mampu menyebutkan jumlah benda dengan pengucapan dan intonasi yang benar.
  • Siswa mampu bertanya jawab tentang jumlah benda dengan pengucapan dan intonasi yang benar.
  • Siswa mampu membaca nyaring angka 1-10 dengan ucapan dan intonasi yang benar.
  • Siswa mampu menuliskan kata bilangan 1 – 10 atau one, two, three, four, five, six, seven, eight, nine, ten dengan benar.

Tujuan Pembelajaran:
Siswa mampu berinteraksi dan berkomunikasi dengan benar dan wajar secara lisan dan tertulis pada tataran sederhana dengan orang lain dalam sehubungan dengan penyebutan angka 1–10 dalam bahasa Inggris serta mampu menghitung jumlah benda yang berkisar antara jumlah 1 – 10.

Metode Pembelajaran:
a. Tatap Muka
Siswa mengamati dan mendapatkan model-model pengucapan kata-kata yang merujuk pada angka 1 – 10 seperti one, two, three, four, five, six, seven, eight, nine, ten serta cara menyebutkan jumlah benda yang berkisar angara angka 1 - 10 baik dari guru maupun dari kaset/CD sehingga para siswa juga mampu melakukan hal serupa dalam percakapan sederhana yang komunikatif.

b. Terstruktur
  • Siswa menyalin kata-kata one, two, three, four, five, six, seven, eight, nine, ten dengan benar.
  • Siswa menghafal angka 1 – 10 dan kata-kata one, two, three, four, five, six, seven, eight, nine, ten.

c. Mandiri
Siswa membiasakan diri untuk menyebut one, two, three, four, five, six, seven, eight, nine, ten terutama dalam konteks jumlah benda di luar kelas baik karena tugas dari guru maupun karena usaha sendiri.

Langkah-langkah Aktivitas Pembelajaran:
A. Pertemuan ke-13
1. Kegiatan Awal (5 Menit)
·         Guru memberi salam kepada para siswa dalam bahasa Inggris dan siswa merespon.
·         Guru menanyakan kabar siswa dengan How are you? dan siswa menjawab.
·         Untuk brainstorming, guru menunjukkan angka antara 1 – 10 yang ditulis pada selembar kertas secara acak kepada siswa dan siswa tertentu dan meminta siswa itu menyebutkan angka itu dalam bahasa Inggris.
·         Guru bisa bertanya kepada siswa apakah mereka sudah tahu cara menyebutkan angka 1 – 10 dalam bahasa Inggris.
·         Guru memberitahu bahwa dalam pertemua itu siswa akan mempelajari cara menyebutkan angka 1 – 10 dalam bahasa Inggris.

2. Kegiatan Inti (20 Menit)
·       Guru mempresentasikan materi ajar yang hanya terbatas pada cara menyebutkan angka 1 – 10 dalam bahasa Inggris.
·       Siswa diminta mendengar penyebutan angka 1 – 10 yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD dan mengulang apa yang mereka dengar secara klasikal.
·       Siswa mengulang pengucapan angka 1 – 10 yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD secara kelompok dan individu.
·       Guru memperhatikan pengucapan angka 1 – 10 siswa dalam bahasa Inggris dan membetulkan jika ada pengucapan yang salah.
·       Guru meminta para siswa mempraktekkan penyebutan angka 1 – 10 secara individu yang langkah-langkahnya sudah disiapkan secara lengkap dalam buku Panduan Guru atau Teacher’s Book.
·       Guru bisa menuliskan angka tertentu di papan tulis dan menyuruh siswa secara individu untuk menyebutkan kata itu.
·       Guru juga bisa menyelipkan game atau aktivitas menarik lain seperti yang sudah disiapkan dengan lengkap di dalam Teacher’s Book. Untuk itu, bacalah Teacher’s Book dengan teliti karena semua aktivitas dari awal sampai akhir sudah dituangkan dengan komprehensif dan lengkap dalam Teacher’s Book.

3. Kegiatan Penutup (10 Menit)
·         Guru meminta siswa untuk mengerjakan latihan-latihan yang sudah disiapkan dalam Student’s Book.
·         Guru juga bisa menunjuk pasangan siswa tertentu secara acak untuk mempraktekkan penyebutan one, two, three, four, five, six, seven, eight, nine, ten dengan cara salah satunya menyebutkan angka dalam bahasa Indonesia dan yang satunya menyebutkan versi Inggrisnya atau sebaliknya dengan cepat, lancar, dan benar.
·         Guru meringkas atau merangkum sebagai kesimpulan akhir tentang apa yang telah dipelajari.
·         Guru meminta siswa untuk mengulang kembali pelajaran yang telah diberikan di kelas atau mempraktekkan pengucapan one, two, three, four, five, six, seven, eight, nine, ten di luar kelas atau di rumah.

B. Pertemuan ke-14  
1. Kegiatan Awal (5 Menit)
·         Guru memberi salam kepada siswa dalam bahasa Inggris dan siswa merespon.
·         Guru menanyakan kabar siswa dalam bahasa Inggris dan siswa menjawab.
·         Untuk mengulang materi pada pertemuan ke-13, guru menyebutkan angka 1-10 dalam bahasa Indonesa dan siswa tertentu menyebutnya dalam bahasa Inggris.
·         Guru merevisi cara pengucapan angka 1-10 dengan menuliskannya di papan tulis dan siswa mengulang secara klasikal seperti yang sudah disiapkan dalam Teacher’s Book.
·         Guru memberitahu siswa bahwa dalam pertemuan kali ini siswa masih akan mempelajari cara menyebut angka 1-10 dalam bahasa Inggris serta pertanyaan singkat How many seperti How many apples?

2. Kegiatan Inti (20 Menit)
·         Guru mempresentasikan materi ajar yang masih seputar cara menyebut angka 1-10 melalui benda yang jumlahnya masih seputar angka 1-10. Langkah-langkanya dapat dilihat dalam Teacher’s Book.
·       Siswa diminta mendengar apa yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD dan mengulang apa yang mereka dengar secara klasikal.
·       Siswa mengulang apa yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD secara kelompok dan individu.
·       Guru memperhatikan pengucapan kalimat tanya How many dalam kaitannya dengan  jumlah benda yang berikisar antara 1 – 10 serta jawabannya dan membetulkan jika ada pengucapan yang salah.
·       Guru meminta para siswa mempraktekkan dialog tentang cara menanyakan jumlah benda dan jawabannya secara berpasangan yang langkah-langkahnya sudah disiapkan secara lengkap dalam buku Panduan Guru atau Teacher’s Book.
·       Guru bisa menyuruh siswa bertanya jawab dengan teman di sampingnya tentang jumlah benda dan jawabannya dengan lancar dan benar lalu mengeceknya secara individu.
Catatan: Langkah-langkah yang sangat sistematis dan rinci tentang cara melakukan setiap kegiatan selama proses pembelajaran dapat dilihat dalam Teacher’s Book.

3. Kegiatan Penutup (10 Menit)
·         Guru menanyakan kepada siswa tertentu jumlah benda dan siswa itu menjawab.
·         Guru juga bisa menunjukkan beberapa benda tertentu dan bertanya, misalnya how many books? dan siswa menjawab. Guru juga bisa menunjuk pasangan siswa tertentu secara acak untuk mempraktekkan apa yang telah dilakukan pada kegiatan inti dengan tujuan utama untuk mengecek sajauh mana para siswa telah berhasil menguasai kompetensi dasar yang berkaitan dengan menanyakan jumlah benda dan menyebut jumlahnya dalam bahasa Inggris.
·         Guru meringkas atau merangkum sebagai kesimpulan akhir tentang apa yang telah dipelajari.
·         Guru bisa meminta siswa mengerjakan Mini Test di kelas atau di rumah sebagai PR.
·         Guru meminta siswa untuk mengulang kembali pelajaran yang telah diberikan di kelas atau mempraktekkan tanya jawab sederhana seputar angka 1 – 10 dan cara menanyakan jumlah benda di luar kelas atau di rumah.

Sumber/Bahan/Alat Pembelajaran:
1.      Sumber utama: buku teks ENGLISH FOR REAL COMMUNICATION: An Integrated Course for Elementary School Students 1 – Untuk Kelas I SD dan Sederajat karya Silvester Goridus Sukur (Penerbit Grasindo Jakarta).
2.      Gambar-gambar yang berkaitan dengan materi ajar
3.      Rekaman kaset/CD
4.      Buku-buku lain yang relevan

Penilaian:  
1. Aspek yang dinilai:
  • Listening/Speaking: Pengucapan, kelancaran, keakuratan, intonasi, ekspresi wajah,
                                         tata bahasa.
  • Reading : Pengucapan, intonasi, kelancaran, akurasi
  • Writing: - Ejaan, kerapian tulisan tangan, keakuratan

2. Teknik Penilaian :
  • Tes lisan/tertulis
  • Observasi kelas
  • Penilaian guru

3. Contoh Penilaian:
  • Teknik: Tes tertulis
  • Bentuk: Menuliskan kata-kata yang merujuk pada angka
  • Contoh instrumen:
a. 1      : ________________________ (siswa diminta menuliskan one)
b. 2      : ________________________ (siswa diminta menuliskan two)
c. 5      : ________________________ (siswa diminta menuliskan five)
d. 9      : ________________________ (siswa diminta menuliskan nine)
           
4. Contoh Format Penilaian:
No.
Nama Siswa
Accuracy
(Keakuratan)
Speeling
(Ejaan)
Grammar
(TataBahasa)










Mengetahui,                                                       ………………,………………………
Kepala SD ……………………                        Guru Bahasa Inggris


(________________________)                         (_______________________­)

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

SD                               : _____________________
Mata Pelajaran          : Bahasa Inggris
Kelas/Semester           : I/1
Pertemuan/Unit         : 15 – 18/6
Materi Ajar                : House
Alokasi Waktu           : 4 Pertemuan (4 x 35 menit)
Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD):
1.      Listening
  • SK: Siswa mampu melakukan kegiatan sesuai dengan instruksi yang didengar dalam konteks nama ruangan di rumah dan letak benda atau keberadaan seseorang di dalam rumah.
  • KD: Siswa mampu menyimak dan memahami pertanyaan seseorang dalam konteks nama ruangan di rumah dan letak benda atau keberadaan seseorang di dalam rumah sehingga mampu memberikan jawaban secara akurat.

2.      Speaking
  • SK: Siswa mampu menirukan ungkapan, pertanyaan, dan jawaban yang berkaitan dengan nama ruangan di rumah dan letak benda atau keberadaan seseorang di dalam rumah.
  • KD: Siswa mampu berkomunikasi dengan benar dan wajar dalam konteks percakapan sederhana tentang nama ruangan di rumah dan letak benda atau keberadaan seseorang di dalam rumah.

3.      Reading
  • SK: Siswa mampu memahami kalimat tertulis tentang nama ruangan di rumah dan letak benda atau keberadaan seseorang di dalam rumah.
  • KD: Siswa mampu membaca dengan nyaring kalimat-kalimat sederhana yang berkaitan dengan nama ruangan di rumah dan letak benda atau keberadaan seseorang di dalam rumah secara benar.

4.      Writing
  • SK: Siswa mampu menyalin pertanyaan dan jawaban tentang nama ruangan di rumah dan letak benda atau keberadaan seseorang di dalam rumah.
  • KD: Siswa mampu membuat pertanyaan dan jawaban tertulis tentang nama ruangan di rumah dan letak benda atau keberadaan seseorang di dalam rumah secara benar baik dari segi grammar maupun dari segi ejaannya.

Indikator        :
  • Siswa mampu menanyakan nama ruangan di rumah dan letak benda atau keberadaan seseorang di dalam rumah secara akurat dengan pengucapan dan intonasi yang tepat.
  • Siswa mampu menjawab pertanyaan orang lain tentang nama ruangan di rumah dan letak benda atau keberadaan seseorang di dalam rumah.
  • Siswa mampu memahami pertanyaan dan jawaban tertulis dan membacanya dengan nyaring dengan pengucapan dan intonasi yang akurat sehubungan dengan nama ruangan di rumah dan letak benda atau keberadaan seseorang di dalam rumah.
  • Siswa mampu menulis kalimat-kalimat dan jawabannya yang berkaitan dengan nama ruangan di rumah dan letak benda atau keberadaan seseorang di dalam rumah secara benar baik dari segi ejaan maupun dari segi grammar.

Tujuan Pembelajaran:
Siswa mampu berkomunikasi dengan benar dan wajar secara lisan dan tertulis pada tataran sederhana dalam konteks percakapan tentang nama ruangan di rumah dan letak benda atau keberadaan seseorang di dalam rumah.

Metode Pembelajaran:
a. Tatap Muka
Siswa mengamati dan mendapatkan model-model pertanyaan dan jawaban tentang nama ruangan di rumah dan letak benda atau keberadaan seseorang di dalam rumah baik dari guru maupun dari kaset/CD sehingga para siswa mampu menanyakan nama orang dan menjawab pertanyaan orang dalam percakapan sederhana yang komunikatif.

b. Terstruktur
  • Siswa menyalin kalimat-kalimat tanya sederhana dan jawabannya tentang nama ruangan di rumah dan letak benda atau keberadaan seseorang di dalam rumah yang tercakup dalam Unit 6.
  • Siswa menghafal model-model pertanyaan sederhana tersebut di atas dan jawabannya.

c. Mandiri
Siswa membiasakan diri untuk mempraktekkan topik unit ini dengan cara menanyakan nama ruangan di rumah dan letak benda atau keberadaan seseorang di dalam rumah dalam bahasa Inggris baik di lingkungan rumah dengan keluarganya.

Langkah-langkah Aktivitas Pembelajaran:
A. Pertemuan ke-15
1. Kegiatan Awal (5 Menit)
·         Fokus pertemuan ini adalah menanyakan nama ruangan di rumah.
·         Guru menyapa siswa dalam bahasa Inggris dan siswa merespon.
·         Guru menanyakan kabar siswa dengan How are you? dan siswa menjawab.
·         Sebagai pemanasan, guru menunjukkan gambar-gambar ruangan menanyakan nama-nama ruangan itu kepada beberapa siswa secara acak untuk mengetahui apakah mereka sudah bisa menjawab pertanyaan tentang nama ruangan di dalam rumah.
·         Guru bisa bertanya kepada siswa apakah mereka sudah tahu cara membuat pertanyaan dan jawaban tentang nama ruangan di rumah dalam bahasa Inggris.
·         Guru memberitahu bahwa dalam pertemuan itu siswa akan mempelajari cara menanyakan nama dan cara membuat pertanyaan dan jawaban tentang nama ruangan di rumah dalam bahasa Inggris.

2. Kegiatan Inti (20 Menit)
·       Guru mempresentasikan materi ajar yang hanya terbatas pada tanya jawab tentang nama ruangan di rumah. Langkah-langkah selengkapnya dapat dilihat pada Teacher’s Book.
·       Siswa diminta mendengar apa yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD dan mengulang apa yang mereka dengar secara klasikal.
·       Siswa mengulang apa yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD secara kelompok dan individu.
·       Guru memperhatikan pengucapan siswa dan membetulkan jika ada yang salah.
·       Guru meminta siswa menyebutkan nama-nama ruangan di rumah dan mengejanya yang langkah-langkahnya sudah disiapkan secara lengkap dalam Teacher’s Book.
·       Guru bisa menyuruh siswa bertanya jawab tentang nama ruangan di rumah dan mengejanya.
·       Game juga bisa digunakan untuk topik ini sebagaimana diinstruksikan dalam Teacher’s Book.

3. Kegiatan Penutup (10 Menit)
·         Guru menanyakan nama siswa tertentu dan siswa yang bersangkutan diminta menjawab. Guru juga bisa menunjuk pasangan siswa tertentu secara acak untuk mempraktekkan apa yang telah dilakukan pada kegiatan inti dengan tujuan utama untuk mengecek sajauh mana para siswa telah berhasil menguasai kompetensi dasar yang berkaitan dengan cara menanyakan nama orang serta menjawabnya yang terbatas pada pertanyaan What is your name? dan jawaban My name is … saja.
·         Guru meringkas atau merangkum sebagai kesimpulan akhir tentang apa yang telah dipelajari.
·         Guru meminta siswa untuk mengulang kembali pelajaran yang telah diberikan di kelas secara mandiri di rumah.

B. Pertemuan ke-16
1. Kegiatan Awal (5 Menit)
·         Fokus pertemuan ini adalah menanyakan letak sebuah benda atau keberadaan seseorang dalam rumah.
·         Guru menyapa siswa dalam bahasa Inggris dan siswa merespon.
·         Guru menanyakan kabar siswa dan siswa menjawab.
·         Guru merevisi secara singkat materi yang sudah dibahas pada pertemuan ke-15.
·         Sebagai pemanasan, guru menunjukkan gambar-gambar letak benda atau keberadaan seseorang dalam ruangan tertentu di rumah dan menanyakan letak benda itu atau keberadaan orang itu seperti contoh di buku siswa.
·         Guru bisa bertanya kepada siswa apakah mereka sudah tahu cara membuat pertanyaan dan jawaban tentang letak sebuah benda atau keberadaan ruangan di rumah dalam bahasa Inggris.
·         Guru memberitahu bahwa dalam pertemuan itu siswa akan mempelajari cara bertanya jawab tentang letak benda atau keberadaan seseorang di rumah.

2. Kegiatan Inti (20 Menit)
·       Guru mempresentasikan materi ajar yang hanya terbatas pada tanya jawab tentang letak benda dan keberadaan seseorang di tiap ruangan di rumah. Langkah-langkah selengkapnya dapat dilihat pada Teacher’s Book.
·       Siswa diminta mendengar apa yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD dan mengulang apa yang mereka dengar secara klasikal.
·       Siswa mengulang apa yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD secara kelompok dan individu.
·       Guru memperhatikan pengucapan siswa dan membetulkan jika ada yang salah.
·       Guru meminta siswa menyebutkan letak benda dan keberadaan seseorang di tiap ruangan di rumah yang langkah-langkahnya sudah disiapkan secara lengkap dalam Teacher’s Book.
·       Guru bisa menyuruh siswa bertanya jawab tentang letak benda dan keberadaan seseorang di tiap ruangan di rumah.

3. Kegiatan Penutup (10 Menit)
·         Guru bisa meminta siswa mengerjakan latihan atau aktivitas di buku siswa seperti yang sudah diinstruksikan di Teacher’s Book.
·         Guru meringkas atau merangkum materi yang telah dipelajari.
·         Guru meminta siswa untuk mengulang kembali pelajaran yang telah diberikan di kelas secara mandiri di rumah.

C. Pertemuan ke-17
1. Kegiatan Awal (5 Menit)
·         Pertemuan ke-17 ini menggabungkan pertemuan ke-15 dan ke-16 tentang nama ruangan dan letak benda atau keberadaan seseorang di tiap ruangan di rumah.
·         Guru memberi salam kepada siswa dalam bahasa Inggris dan siswa merespon.
·         Guru menanyakan kabar siswa dalam bahasa Inggris dan siswa menjawab.
·         Guru merevisi materi yang sudah dibahas pada pertemuan ke-15 dan ke-16.
·         Guru memberitahu siswa bahwa dalam pertemuan kali ini siswa akan mempelajari kembali nama ruangan di rumah, letak benda dan keberadaan seseorang di rumah.
·         Guru bisa memberikan tes lisan secara singkat seperti tentang nama ruangan, letak benda di rumah, dan keberadaan seseorang di rumah atau mengikuti langkah-langkah yang sudah diberikan dalam Teacher’s Book.

2. Kegiatan Inti (20 Menit)
·       Guru menunjukkan gambar ruangan dan menanyakan namanya kepada siswa tertentu atau secara klasikal.
·       Guru menunjukkan letak benda atau keberadaan seseorang di tiap ruangan dan meminta siswa menjawab di mana benda atau orang itu berada.
·        Siswa diminta mendengar apa yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD dan mengulang apa yang mereka dengar secara klasikal.
·       Siswa mengulang apa yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD secara kelompok dan individu.
·       Guru memperhatikan pengucapan bahasa Inggris siswa dan membetulkan jika ada pengucapan yang salah.
·       Guru meminta para siswa mempraktekkan percakapan di buku secara berpasangan yang langkah-langkahnya sudah disiapkan secara lengkap dalam buku Panduan Guru atau Teacher’s Book.

3. Kegiatan Penutup (10 Menit)
·         Guru menanyakan siswa tertentu tentang nama ruangan dan letak benda atau keberadaan seseorang di rumah lewat gambar-gambar. Guru juga menunjuk pasangan siswa tertentu secara acak untuk mempraktekkan hal ini.
·         Guru meringkas lagi materi yang telah dipelajari.
·         Guru meminta siswa untuk mengulang kembali pelajaran kali ini di rumah.

D. Pertemuan ke-18
1. Kegiatan Awal (5 Menit)
·       Fokus utama pertemuan ke-18 ini adalah merevisi materi yang sudah diberikan pada pertemuan ke-15 sampai dengan pertemuan ke-17.
·       Guru secara acak bertanya kepada siswa tertentu tentang apa saja yang sudah dipelajari pada tiga pertemuan sebelumnya itu.
·       Kalau siswa tidak ingat, guru membantu ingatan siswa tentang apa yang telah mereka pelajari pada pertemuan ke-15 sampai dengan pertemuan ke-17.

2. Kegiatan Inti (20 Menit)
·       Guru merevisi materi yang telah dibahas pada pertemuan ke-15 sampai dengan pertemuan ke-17 sambil menguji ingatan siswa tentang bahan yang telah diajarkan pada tiga pertemuan terdahulu itu.
·       Tidak ada materi baru yang dipresentasikan pada bagian ini selain pengulangan materi pada tiga pertemuan sebelumnya. Karena itu, fokus utama pertemuan ke-18 ini adalah pada latihan-latihan baik secara lisan maupun secara tertulis serta melalui game atau kegiatan menarik lainnya. Latihan ini bisa dilakukan secara individu, berpasangan, maupun berkelompok sebagaimana diinstruksikan dalam Teacher’s Book.

3. Kegiatan Penutup (10 Menit)
·       Selain latihan yang ada di Student’s Book, guru juga bisa menyiapkan latihan penutup atau mengerjakan Mini Test di buku siswa serta membahasanya bersama-sama sebagaiman diinstruksikan dalam Teacher’s Book.
·       Kalau tidak ada waktu di kelas, Mini Test itu bisa dikerjakan di rumah sebagai PR.
·       Guru meringkas kembali materi yang telah dibahas pada pertemuan ke-15 sampai dengan pertemuan ke-17 dan meminta siswa untuk mengulangnya kembali di rumah.

Sumber/Bahan/Alat Pembelajaran:
1.      Sumber utama: buku teks ENGLISH FOR REAL COMMUNICATION: An Integrated Course for Elementary School Students 1 – Untuk Kelas I SD dan Sederajat karya Silvester Goridus Sukur (Penerbit Grasindo Jakarta).
2.      Gambar-gambar yang berkaitan dengan materi ajar
3.      Rekaman kaset/CD
4.      Buku-buku lain yang relevan

Penilaian:
1. Aspek yang dinilai:
  • Listening/Speaking: Pengucapan, kelancaran, keakuratan, intonasi, ekspresi wajah,
                                         tata bahasa,
  • Reading : Pengucapan, intonasi, kelancaran
  • Writing: - Ejaan, kerapian tulisan tangan, keakuratan, grammar

2. Teknik Penilaian :
  • Tes lisan/tertulis
  • Observasi kelas
  • Penilaian guru

3. Contoh Penilaian:
  • Teknik: Tes tertulis
  • Bentuk: Menjawab pertanyaan sederhana tentang nama ruangan di rumah dan letak
                    benda atau keberadaan seseorang di rumah.
  • Contoh instrumen:
1. (Gambar dapur)
    Pertanyaan              : What is it?
    Jawaban Siswa        : _________________________ (It is a kitchen.)
2. (Gambar kamar tidur)
    Pertanyaan              : What is it?
    Jawaban Siswa        : _________________________ (It is a bedroom.)

           
4. Contoh Format Penilaian:
No.
Nama Siswa
Accuracy
(Keakuratan)
Speeling
(Ejaan)
Grammar
(TataBahasa)


















Mengetahui,                                                       ………………,………………………
Kepala SD ……………………                        Guru Bahasa Inggris




(________________________)                         (_______________________­)

1 komentar: