Laman

Senin, 11 April 2011

STANDAR KOMPETENSI, KOMPETENSI DASAR DAN STANDAR KOMPETENSI LULUSAN MATEMATIK SD

STANDAR KOMPETENSI (SK)
DAN KOMPETENSI DASAR (KD)
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN (SKL)

MATA PELAJARAN MATEMATIKA UNTUK SEKOLAH DASAR (SD) /MADRASAH IBTIDAIYAH (MI)

A.  Latar Belakang

Matematika merupakan ilmu universal yang mendasari perkembangan teknologi modern, mempunyai peran penting dalam berbagai disiplin dan memajukan daya pikir manusia. Perkembangan pesat di bidang teknologi informasi dan komunikasi dewasa ini dilandasi oleh perkembangan matematika di bidang teori bilangan, aljabar, analisis, teori peluang dan matematika diskrit.  Untuk menguasai dan mencipta teknologi di masa depan diperlukan penguasaan matematika yang kuat sejak dini.
Mata pelajaran Matematika perlu diberikan kepada semua peserta didik mulai dari sekolah dasar untuk membekali peserta didik dengan kemampuan berpikir logis, analitis, sistematis, kritis, dan kreatif, serta kemampuan bekerjasama. Kompetensi tersebut diperlukan agar peserta didik dapat memiliki kemampuan memperoleh, mengelola, dan memanfaatkan informasi untuk bertahan hidup pada keadaan yang selalu berubah, tidak pasti, dan kompetitif.
Standar kompetensi dan kompetensi dasar matematika dalam dokumen ini disusun sebagai landasan pembelajaran untuk mengembangkan kemampuan tersebut di atas. Selain itu dimaksudkan pula untuk mengembangkan kemampuan menggunakan matematika dalam pemecahan masalah dan mengkomunikasikan ide atau gagasan dengan menggunakan simbol, tabel, diagram, dan media lain.
Pendekatan pemecahan masalah merupakan fokus dalam pembelajaran matematika yang mencakup masalah tertutup dengan solusi tunggal, masalah terbuka dengan solusi tidak tunggal, dan masalah dengan berbagai cara penyelesaian. Untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah perlu dikembangkan keterampilan memahami masalah, membuat model matematika, menyelesaikan masalah, dan menafsirkan solusinya.
Dalam setiap kesempatan, pembelajaran matematika hendaknya dimulai dengan pengenalan masalah yang sesuai dengan situasi (contextual problem). Dengan mengajukan masalah kontekstual, peserta didik secara bertahap dibimbing untuk menguasai konsep matematika. Untuk meningkatkan keefektifan pembelajaran, sekolah diharapkan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi seperti komputer, alat peraga, atau media lainnya.

B. Tujuan

Mata pelajaran matematika bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.
1.      Memahami konsep matematika, menjelaskan keterkaitan antarkonsep dan mengaplikasikan konsep atau algoritma, secara luwes, akurat, efisien, dan tepat, dalam pemecahan masalah
2.      Menggunakan penalaran pada pola dan sifat, melakukan manipulasi matematika dalam membuat generalisasi, menyusun bukti, atau menjelaskan gagasan dan pernyataan  matematika
3.      Memecahkan masalah yang meliputi kemampuan memahami masalah, merancang model matematika, menyelesaikan model dan menafsirkan solusi yang diperoleh
4.      Mengomunikasikan gagasan dengan simbol, tabel, diagram, atau media lain untuk memperjelas keadaan atau masalah
5.      Memiliki sikap menghargai kegunaan matematika dalam kehidupan, yaitu memiliki rasa ingin tahu, perhatian, dan minat dalam mempelajari matematika, serta sikap ulet dan percaya diri dalam pemecahan masalah.

C. Ruang Lingkup

Mata pelajaran Matematika pada satuan pendidikan SD/MI meliputi aspek-aspek sebagai berikut.
1.    Bilangan
2.    Geometri dan Pengukuran
3.   Pengolahan Data

D. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar


Kelas IV,  Semester 1

Standar Kompetensi
Komptensi Dasar
Bilangan
1.   Memahami dan menggunakan sifat-sifat operasi hitung bilangan dalam pemecahan masalah
1.1. Mengidentifikasi sifat-sifat operasi hitung
1.2. Mengurutkan bilangan
1.3. Melakukan operasi perkalian dan pembagian
1.4. Melakukan operasi hitung campuran
1.5. Melakukan penaksiran dan pembulatan
1.6 Memecahkan masalah yang melibatkan uang      
Bilangan
2.   Memahami dan menggunakan faktor dan kelipatan dalam pemecahan masalah


2.1 Mendeskripsikan konsep faktor dan kelipatan
2.2. Menentukan kelipatan dan faktor suatu bilangan.
2.3. Menentukan kelipatan persekutuan terkecil (KPK) dan faktor persekutuan terbesar (FPB)
2.4. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan KKP dan FPB

GEOMETRI DAN PENGUKURAN
3.   Menggunakan pengukuran sudut, panjang, dan berat dalam pemecahan masalah
3.1   Menentukan besar sudut dengan satuan tidak baku dan satuan derajat
3.2   Menentukan hubungan antar satuan waktu, antar satuan panjang, dan antar satuan berat
3.3   Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan satuan waktu, panjang, dan berat
3.4   Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan satuan kuantitas
GEOMETRI DAN PENGUKURAN
4.   Menggunakan konsep keliling dan luas bangun datar sederhana dalam pemecahan masalah
4.1 Menentukan keliling dan luas jajar genjang dan segitiga
4.2 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan keliling dan luas jajar genjang dan segitiga


Kelas IV,  Semester 2

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
5.   Menjumlahkan  dan mengurangkan bilangan bulat
5.1 Mengurutkan bilangan bulat.
5.2 Menjumlahkan bilangan bulat
5.3 Mengurangkan bilangan bulat.
5.4 Melakukan operasi hitung campuran.

6.   Menggunakan pecahan dalam pemecahan masalah
6.1 Menjelaskan arti pecahan dan urutannya.
6.2 Menyederhanakan berbagai bentuk pecahan
6.3. Menjumlahkan pecahan.
6.4. Mengurangkan pecahan.
6.5. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan pecahan

7. Menggunakan lambang bilangan Romawi
7.1 Mengenal lambang bilangan Romawi .
7.2. Menyatakan bilangan cacah sebagai bilangan Romawi dan sebaliknya

8. Memahami sifat bangun ruang sederhana dan hubungan antar bangun datar
8.1 Menentukan sifat-sifat bangun ruang sederhana.
8.2. Menentukan jaring-jaring balok dan kubus.
8.3. Mengidentifikasi benda-benda dan bangun datar simetris.
8.4. Menentukan hasil pen-cerminan suatu bangun datar.

Kelas V,  Semester 1

Standar Kompetensi
Komptensi Dasar
Bilangan
1. Melakukan operasi hitung bilangan bulat dalam pemecahan masalah
1.1 Melakukan operasi hitung bilangan bulat termasuk penggunaan sifat-sifatnya, pembulatan, dan penaksiran
1.2 Menggunakan faktor prima untuk menentukan KPK dan FPB
1.3 Melakukan operasi hitung campuran bilangan bulat
1.4 Menghitung perpangkatan dan akar sederhana
1.5 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan operasi hitung, KPK dan FPB 

Geometri dan Pengukuran
2. Menggunakan pengukuran waktu, sudut, jarak, dan kecepatan dalam pemecahan masalah
2.1 Menuliskan tanda waktu dengan menggunakan notasi 24 jam
2.2 Melakukan operasi hitung satuan waktu
2.3 Melakukan pengukuran sudut
2.4 Mengenal satuan jarak dan kecepatan
2.5 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan waktu, jarak, dan kecepatan

3. Menghitung luas bangun datar sederhana dan menggunakannya dalam pemecahan masalah
3.1 Menghitung luas trapesium dan layanglayang
3.2 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan luas bangun datar
4. Menghitung volume kubus dan balok dan menggunakannya dalam pemecahan masalah
4.1 Menghitung volume kubus dan balok
4.2 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan volume kubus dan balok


Kelas V,  Semester 2

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Bilangan
5. Menggunakan pecahan  dalam pemecahan masalah
5.1 Mengubah pecahan ke bentuk persen dan desimal serta sebaliknya
5.2 Menjumlahkan dan mengurangkan berbagai bentuk pecahan
5.3 Mengalikan dan membagi berbagai bentuk pecahan
5.4 Menggunakan pecahan dalam masalah perbandingan dan skala

Geometri dan Pengukuran
6. Memahami sifat-sifat bangun dan hubungan antar bangun
6.1 Mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar
6.2 Mengidentifikasi sifat-sifat bangun ruang
6.3 Menentukan jaring-jaring berbagai bangun ruang sederhana
6.4 Menyelidiki sifat-sifat kesebangunan dan simetri
6.5 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan bangun datar dan bangun ruang sederhana

 

Kelas VI,  Semester 1
Standar Kompetensi
Komptensi Dasar
Bilangan
1. Melakukan operasi
hitung bilangan bulat
dalam pemecahan
masalah
1.1 Menggunakan sifat-sifat operasi hitung termasuk operasi campuran, FPB dan KPK
1.2 Menentukan akar pangkat tiga suatu bilangan kubik
1.3 Menyelesaikan masalah yang melibatkan operasi hitung termasuk penggunaan akar dan pangkat

Geometri dan Pengukuran
2. Menggunakan pengukuran waktu, sudut, jarak, dan kecepatan dalam pemecahan masalah
2.1 Mengenal satuan debit
2.2 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan satuan debit
3. Menghitung luas segi banyak sederhana, luas lingkaran, dan volume prisma segitiga
3.1 Menghitung luas segi banyak yang merupakan gabungan dari dua bangun datar sederhana
3.2 Menghitung luas lingkaran
3.3 Menghitung volume prisma segitiga dan tabung lingkaran

Pengolahan Data
4. Mengumpulkan dan mengolah data
4.1 Mengumpulkan dan membaca data
4.2 Mengolah dan menyajikan data dalam bentuk tabel
4.3 Menafsirkan sajian data


Kelas VI,  Semester 2

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Bilangan
5. Menggunakan pecahan dalam pemecahan masalah
5.1 Menyederhanakan dan mengurutkan pecahan
5.2 Mengubah bentuk pecahan ke bentuk desimal
5.3 Menentukan nilai pecahan dari suatu bilangan atau kuantitas tertentu
5.4 Melakukan operasi hitung yang melibatkan berbagai bentuk pecahan
5.5 Memecahkan masalah perbandingan dan skala

Geometri dan Pengukuran
6. Menggunakan system koordinat dalam pemecahan masalah
6.1 Membuat denah letak benda
6.2 Mengenal koordinat posisi sebuah benda
6.3 Menentukan posisi titik dalam system koordinat Kartesius

Pengolahan Data
7. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan data
7.1 Menyajikan data ke bentuk tabel dan diagram gambar, batang dan lingkaran
7.2 Menentukan rata-rata hitung dan modus sekumpulan data
7.3 Mengurutkan data termasuk menentukan nilai tertinggi dan terendah
7.4 Menafsirkan hasil pengolahan data

 


E.  Arah Pengembangan

Standar kompetensi dan kompetensi dasar menjadi arah dan landasan untuk mengembangkan materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian. Dalam merancang kegiatan pembelajaran dan penilaian perlu memperhatikan Standar Proses dan Standar Penilaian.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar